oleh

Program Kecakapan Wirausaha PKBM Mutiara Kampar Resmi di Laksanakan

Kampar, (cMczone.com) – Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Mutiara Kampar yang berlokasi di Desa Sawah Kecamatan Kampar Utara,Kabupaten Kampar-Riau pada Selasa (6/8/2019) secara resmi membuka Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW), jenis keterampilan Tata Busana (Menjahit), bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2019.

Acara dilaksanakan di Kantor PKBM Mutiara Kampar. Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala PKBM Mutiara Kampar Sugiono S.Pd, Pembina PKBM Mutiara Kampar H. Mukhtar Bukhori S.Pd, Kepala Desa Sawah Supardi, Camat Kampar Utara Jamilus, Kabid PAUDNI H. Shodiq, Kepala Dusun, RT/RW, Tokoh Masyarakat Desa Sawah dan Para peserta pelatihan Kecakapan Wirausaha (PKW) jenis menjahit di PKBM Mutiara Kampar.

Dalam sambutannya Kepala PKBM Mutiara Kampar Sugiono S.Pd mengatakan,” ucapan terimakasih kepada para undangan yang berkenan hadir dalam peresmian pelatihan menjahit di PKBM Mutiara Kampar ini. Seperti yang dilihat kondisi PKBM Mutiara Kampar saat ini boleh dikatakan sangat layak walaupun belum terkesan mewah namun dengan kondisi ini mudahan bisa menciptakan hasil yang luar biasa dan dapat tercapai target yang diinginkan,”ujarnya.

Baca Juga :   Terkesan Asal Jadi ?, Box Culvert Desa Ganting Damai Dikeluhkan Warga

Pelatihan ini dilaksanakan selama Tiga (3) bulan dengan dua gelombang kelompok satu (1) dan kelompok dua (2), materi yakni teori menjahit dan langsung pratek, kemudian juga akan ditambah dengan program kewirausahan, sehingga dapat memasarkan produk tersebut, tujuan pelaksanaan pelatihan ini agar dapat menekan angka penganguran,”beber Sugiono.

Kepala Desa Sawah Supardi dalam pidatonya menyampaikan,” Sebagai Kepala Desa saya mengucapkan terimakasih kepada PKBM Mutiara Kampar yang telah melaksanakan beberapa program yang dapat membantu masyarakat Kampar Utara khususnya Desa Sawah atas kinerja itu kami sangat menapresiasi kinerja yang dilakukan oleh PKBM Mutiara Kampar tersebut,”bebernya.

Sambung Kepala Desa bahwa dalam hal pembinaan masyarakat pihak Desa Sawah sangat mendukung program PKBM Mutiara Kampar ini Insya Allah akan kita bantu PKBM dalam hal bidang Pemberdayaan Masyarakat, dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat itu sendiri,”tutur Kades

Baca Juga :   Kepala Staff Umum TNI Beserta Rombongan Tinjau Karhutla Diwilayah Pelalawan

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili oleh Kabid PAUDNI H. Shodiq sekaligus peresmian pembukaan pelatihan menjahit mengatakan,” Program wirausaha ini berbagai macam seperti Menjahit, Komputer dan berbagai macam pelatihan lain. Dana untuk melaksanakan kegiatan ini bersumber dari APBN Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang diraih dengan usaha pengurus PKBM Mutiara Kampar sehingga dapat terlaksananya kegiatan positif ini untuk itu kita kasih nilai A+ , karena PKBM ini adalah PKBM teraktif, terkreatif dan setiap tahunnya PKBM Mutiara Kampar memberikan hasil yang sangat positif,”jelasnya.

Juga dikatakanya bahwa PKBM ini mempunyai sifat yang selalu memberikan solusi, seperti masyarakat yang bermasalah dengan pendidikan Formal yang menyelamatkan siapa kalau tidak lembaga PKBM lah menjadi solusinya. Hasil survey mengatakan bahwa tamatan SMA tamatan Sarjana tanpa memiliku skil kadang tidak bisa mengangkat kesejahteraan sesorang, tetapi ketika seseorang yang memeliki skil maka orang tersebut ibarat seperti ubi ditancapkan dimana saja bisa hidup. Jadi setelah menimba ilmu di PKBM Mutiara Kampar ini agar merealisasikan ilmunya dilapangan.

Baca Juga :   FORMASI Riau : Hentikan Dinasti Politik Di Riau

” Gunakan ilmu tersebut, Insya Allah para peserta medapatkan hasil yang positif” tutupnya.***(Asril).

Komentar

Berita Lainnya