oleh

Disebut-sebut Masuk Bursa Bakal Calon Wabup Solok, Wali Nagari Ini Kaget

-Headline-1.535 views

SOLOK, CMCZONE.COM– Suhu politik di Kabupaten Solok jelang Pilkada di daerah penghasil beras itu 2020 mendatang, memang masih suam-suam kuku. Namun demikian, bursa kandidat Bacabup dan Bacawabup yang diprediksi akan ikut berlaga, terus bergerak dinamis.

Tak hanya menjadi perbincangan hangat di warung-warung kopi, Pilkada Kabupaten Solok juga mulai terdengar riuh di media sosial. Masyarakat mulai menerka dan meraba-raba terkait sosok yang akan ikut berkontestasi pada Pilkada mendatang.

Loading...

Sejak beberapa waktu terakhir, sejumlah nama tokoh yang digadang-gadang akan maju sebagai bakal calon Bupati Solok, memang sudah mengapung ke permukaan. Tidak hanya dari kalangan politisi, mereka juga berlatar birokrat, pengusaha, tokoh masyarakat, bahkan tokoh rantau.

Sebut saja petahana Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin, mantan Wakil Bupati Solok, Desra Ediwan, mantan anggota DPRD Provinsi, Ir. Bachtul dan Ketua DPD Partai Demokrat Kabupaten Solok Agus Syahdeman.

Selanjutnya juga santer terdengar nama Anggota DPD-RI H. Nofi Candra, tokoh masyarakat asal Nagari Selayo, Iriadi Dt. Tumanggung, petahana Walikota Solok H. Zul Elfian dan sederet nama tokoh lainnya.

Sementara untuk sejumlah nama yang digadang-gadang akan mengisi posisi bakal calon Wakil Bupati Solok, antara lain anggota DPRD Nosa Eka Nanda, Ketua DPD Gerindra Jon Firman Pandu dan tokoh muda Bendahara PAN, Reinaldo Gusmal.

Tak hanya berlatar belakang politisi, bursa bakal calon Wabup Solok di Pilkada 2020 mendatang, juga dikagetkan dengan munculnya nama tokoh masyarakat, yang kini menjabat sebagai Wali Nagari Paninjauan, Darsel Ilyas.

Sosok yang memang sudah tak asing lagi bagi masyarakat Kec. X Koto Diatas dan hampir sebagian besar masyarakat di belahan Utara Kabupaten Solok ini, diyakini akan ikut memberikan kontribusi besar untuk memenangkan persaingan antar pasangan calon yang akan bertarung di Pilkada nanti.

Persoalan siapa akan berpasangan dengan siapa, memang masih misteri dan terlalu dini untuk menebaknya. Namun dari kemunculan sejumlah nama tokoh di atas, seperti memberi isyarat, bahwa konstelasi politik jelang Pilkada Kabupaten Solok, memang sudah mulai menarik untuk disimak.

Ir. Bachtul saat dihubungi beberapa waktu lalu, mengaku siap untuk kembali bertarung dalam kontestasi pemilihan Bupati Solok yang akan datang. Pun demikian, dirinya belum memastikan apakah akan maju melalui jalur partai atau jalur independen.

“Inshaal Allah saya siap maju kembali, sampai kini masih membuka komunikasi dengan berbagai pihak. Tergantung situasi, bisa lewat partai atau jalur perseorangan,” sebut Bachtul menjawab klikpositif.

Sementara itu, Wali Nagari Paninjauan Kec. X Koto Diatas, Darsel Ilyas ketika dihubungi batammedia.com, justru mengaku kaget ketika namanya disebut-sebut masuk bursa kandidat bakal calon Wabup Solok. “Ah, kata siapa. Kok saya justru baru tahu dari wartawan ya,” ujar Darsel berkilah.

Anggota DPD RI, Nofi Chandra (kiri) dan Wali Nagari Paninjauan, Darsel Ilyas, tampak akrab. Apakah ini sinyal jika keduanya akan berpasangan pada Pilkada Kab. Solok 2020 nanti?

Darsel mengaku, hingga kini dirinya masih fokus dalam menuntaskan berbagai agenda pembangunan Nagari Paninjauan. Baik pembangunan fisik, optimalisasi pembangunan sektor pertanian dan ekonomi kerakyatan, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Alhamdulillah, hingga akhir 2019 nanti, kita menargetkan seluruh pembangunan fisik bisa dituntaskan. Sehingga di 2020, bisa lebih fokus pembangunan ekonomi kerakyatan dan sumber daya manusia,” tandas wali nagari yang kini juga tengah fokus pengembangan objek wisata Kacang Tenggih Paninjauan itu. (**)

Komentar

Berita Lainnya