oleh

Teddy Salawati : Wujudkan FPII Sebagai Katalisator Kemajuan Daerah

Palu,(cMczone.com) – Ketua Dewan Pembina Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Setwil Sulawesi Tengah, AKBP Teddy Salawati, SH menegaskan FPII Setwil Sulteng dalam program kerjanya tetap harus berorientasi untuk mewujudkan perubahan bagi kemajuan daerah.

“Dengan adanya suport jaringan media partner yang begitu luas, itu bisa menjadi modal untuk mewujudkan FPII sebagai katalisator kemajuan daerah, ” ujar Teddy Salawati dalam diskusi terbatas di Sekretariat Panpel Pelantikan Pengurus FPII Sulteng, jalan Moh.Yamin jalur dua Kota Palu, Kamis sore (3/10).

Berkenaan dengan itu, dalam konteks perhelatan Pemilihan Gubernur Sulteng Tahun 2020 mendatang, FPII dan jaringan media partnernya harus hadir dan membuka ruang atau menjembatani informasi dan komunikasi terkait Sulawesi Tengah dalam perspektif kedepan.

“Yaa, FPII Sulteng harus hadir. Misalnya dengan membuka ruang diskusi terbuka terkait sulteng dalam perspektif kedepan dalam kacamata birokrasi, akademisi, praktisi hukum dan ekonomi, termasuk kalangan pers,” tukas Teddy Salawati.

Dia juga mengatakan, sebagai satu dari sekian banyak organisasi kewartawanan, FPII harus membuktikan mampu mengimplementasikan program yang berkualitas dalam konteks perhelatan pilkada Sulteng tahun 2020 mendatang.

Peran itu sangat urgen dilakukan FPII dan jaringan media partnernya, karena dalam penilaian Teddy Salawati, kemajuan sulawesi tengah kedepan sepenuhnya tergantung kepemimpinan daerah yang akan terbentuk melalui proses pillada mendatang.

Dia mencontohkan, Gubernur kedepan selain benar-benar harus punya konsep, juga memahami benar tugas, tanggungjawab dan wewenangnya sebagai seorang Administrator Wilayah Administratif Pemerintahan Pusat di daerah. ” Karenanya sebagai kepala administratif Pemerintahan, Gubernur harus mampu mensikronkan semua aspek program pemerintah Mabupaten/Kota yang berada dalam wilayah administratifnya,” tandas Teddy .

Lanjutnya, kapasitas dan kapabilitas Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng mendatang, berproses secara politik lewat mekanisme pilkada, dan dalam proses itu sekali lagi sangat dibutuhkan peran FPII dan jaringan media partnernya, termasuk media pers pada umumnya.

“Karena itu, saya menyarankan agar dalam pelantikan pengurus FPII Sulteng serta sejumlah pengurus FPII Kabupaten nantinya, juga dibuat rangkaian acara diskusi terbuka terkait Sulawesi Tengah dalam perspektif kedepan,” ucap Teddy.

Sumber : FPII Setwil Sulteng

Komentar

Berita Lainnya