Kawasan Danau Toba Tongging Sasaran Kapoldasu Dan Ketua DPRD Provinsi Sumut Lounching Penanaman Sejuta Pohon .

Tongging ( cMczone.com ) Irjen Pol Drs Agus Andrianto, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Bupati Karo Terkelin Brahmana, Kapolres Karo AKBP Benny Remus Hutajulu foto bersama dengan perwakilan kepala desa se Kecamatan Merek setelah menyerahkan bibit pohon untuk ditanam secara massal di kawasan Danau Toba, Tongging Kabupaten Karo.

Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut menjaga kelestarian alam Danau Toba, agar keberadaan danau kebanggaan Sumatera Utara (Sumut) ini  terus memberikan konstribusi serta menunjang perekonomian bagi anak cucu bangsa ini kelak.

Demikian  ditegaskan Kapoldasu Irjen Agus Andrianto dalam acara launching penanaman sejuta pohon di kawasan Danau Toba, Tongging Kecamatan Merek Kabupaten Karo, Selasa (15/10/2019).

Acara yang diperuntukkan bagi kelangsungan kelestarian alam ini dihadiri Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting, anggota DPRD Sumut  Salmon Sagala, Bupati Karo Terkelin Brahmana, Kapolres Karo AKBP Benny Remus Hutajulu dan jajaran perwira Polda Sumut, turut hadir dalam acara tersebut.

Baca Juga :   TARIAN SEKAPUR SIRIH SAMBUT PANGDAM II SRIWIJAYA DI MAKOREM 045 / GAYA.

“Alam harus kita jaga, karena manusia tidak pernah terlepas dari alam.  Perlu kita ingat, alam tidak pernah butuh manusia. Karena itu, kerusakan alam disekeliling kita yang ditimbulkan karena ulah manusia (yang mengexploitasi alam), harus kita perbaiki kembali,” ujar Kapoldasu.

Berkaitan dengan itu, tandasnya, pihaknya menggugah hati para pengusaha yang selama ini melakukan kegiatan usahanya di areal alam untuk memberikan konstribusi dengan menyediakan bibit untuk ditanam kembali di kawasan Danau Toba, agar terjaga kembali kelestariannya.

“Kita tidak akan bisa memperbaiki alam, jika kita tidak melakukan upaya-upaya untuk melestarikan dan menanaminya kembali kawasan yang telah dirusak atau diexploitasi oleh ulah-ulah manusia,” tambah Kapoldasu sembari mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga alam untuk diwariskan kepada anak cucu bangsa.

Kapoldasu, berharap masyarakat seharusnya sangat berbangga  memiliki Danau Toba yang keindahannya luar biasa, sekaligus dapat memberikan konstribusi dari sektor kepariwisataan, guna menunjang perekonomian masyarakat sekitar.

Baca Juga :   Jemput Bola Perekaman KTP, Disdukcapil Kampar Datangi Desa

“Dengan demikian, kita harus sambut dengan gegap-gempita, karena pemerintah pusat telah menjadikan Danau Toba sebagai super prioritas pembangunan industri pariwisata unggulan di Indonesia. Mari bersama-sama melestarikan Danau Toba,” harap Kapoldasu

Dalam kesempatan itu, Agus juga menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Pemkab Karo yang telah ikut mendukung program louncing penanaman sejuta pohon ini di kawasan Danau Toba, Tongging. “Kami memilih Karo lokasi penanaman ini, sebagai bentuk kecintaan kami terhadap Karo,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengaku sangat bangga dipilihnya Karo sebagai louncing penanaman sejuta pohon untuk masa depan anak bangsa. ” Selama Agus menjabat Kapoldasu, telah berulangkali mengunjungi dan melakukan Baksos (Bakti Sosial) di Karo, untuk mari  seluruh elemen masyarakat Ikut jaga kelestarian Danau Toba,” sebutnya.

Baca Juga :   Menyambut Hari Juang TNI AD 2019 Korem 045 Gaya Laksanakan Giat Karya Bhakti dan Bhakti Sosial

Terkelin juga menyampaikan bahwa selama AKBP Benny Remus Hutajulu menjabat Kapolres Karo, angka kriminalitas bisa ditekan, tingkat kebakaran hutan bisa dihindari, penyakit masyarakat dan narkoba terus diperangi dengan menggandeng tokoh-tokoh agama dan masyatakat.

Sementara itu, Dirkrimsus Kombes Pol Rony Samtana Tarigan selaku panitia penyelenggara launching mengatakan, dari target sejuta pohon yang direncanakan, terkumpul 1, 120 juta pohon yang terdiri dari bibit alpukat, mangga, jengkol, manggis dan lainnya  atas bantuan dari berbagai perusahaan.

“Target kita dalam penanaman sejuta pohon ini, agar 10 tahun kedepan, Danau Toba memiliki wajah baru serta bisa meningkatkan ekonomi bagi masyarakat sekitar,” ujar Rony dalam laporannya.

Dipenghujung acara, Kapoldasu, Ketua DPRD Sumut dan Bupati Karo menyerahkan bibit kepada perwakilan kepala desa Kecamatan Merek untuk dilakukan gerakan penanaman pohon secara massal dengan melibatkan masyarakat, TNI, Polri, Ormas/OKP di areal pebukitan Tongging.