oleh

Inisiatif Satgas Pamtas RI-RDTL YONIF R 142/KJ Berikan Solusi Untuk Kemajuan Ekonomi Masyarakat

Belu,(cMczone.com) – Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ memberikan pengetahuan kepada masyarakat Desa Lahorus Kec. Lasiolat Kab. Belu NTT melalui pemanfaatan hasil kebun yaitu buah tomat untuk diolah menjadi keripik.

Hal ini di sampaikan oleh Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ, Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M. di Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ Atambua NTT (30/10/2019)

Loading...

Diungkapkan Dansatgas, kegiatan ini dilaksanakan
dalam rangka untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Lahorus, personel Pos Mahen melihat daerah ini terkenal dengan tomatnya yang unik dan begitu banyak di kebun-kebun warga, adapun keunikan tomat tersebut adalah buahnya yang besar seperti buah apel dan tomat tersebut hanya bisa di tanam di Kec. Lasiolat khususnya Desa Lahorus, maka dari itu disebut tomat Lahorus

“Kegiatan ini dipimpin oleh Danpos Mahen Serka Andrie Gunawan beserta 4 orang anggotanya, sesuai dengan SOP dalam melaksanakan kegiatan di daerah operasi, 2 orang anggota disiagakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan,” ujar Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa mata pencaharian masyarakat Desa Lahorus adalah bertani, sehingga personel Pos Mahen berinisiatif untuk mengajak masyarakat dalam memanfaatkan hasil kebun berupa buah tomat untuk diolah menjadi keripik tomat Lahorus, selama ini masyarakat hanya mengunakannya untuk sayur dan pembuatan minuman Jus, tetapi personel Pos Mahen mencari alternatif lain yang dapat membantu memajukan perekonomian masyarakat, yaitu dengan membuat keripik tomat Lahorus,” ungkapnya.

Seperti yang dilakukan oleh personel Pos Mahen, lanjut Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M. mereka mengenalkan ide kreatif kepada ibu-ibu masyarakat Desa Lahorus untuk membuat keripik tomat yang dapat menjadi home industri bagi masyarakat untuk membuat keripik tomat Lahorus, sehingga tomat yang unik ini dapat menjadi makanan ringan khas Desa dalam memajukan perekonomian masyarakat, serta merupakan peluang dalam meningkatkan jiwa kewirausahaan kepada masyarakat di wilayah perbatasan.

Terpisah, Ibu Karen (48) merupakan warga Desa Lahorus mengungkapkan tanggapannya tentang buah tomat yang dapat menjadi kreasi makanan.

“Kami tidak menyadari kalau tomat bisa dibuat menjadi keripik, sungguh sangat kreatif bapak-bapak TNI,” ungkapnya

Ibu Maria (50) mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI yang telah memperhatikan perekonomian masyarakat Desa Lahorus.

“Kami mengucapkan terima kasih dan hasil kebun yang ada akan kita kembangkan, agar perekonomian kami lebih maju lagi,” ucapnya

Serka Andre Gunawan selaku Danpos Mahen mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat yang sangat antusias dalam kegiatan ini.

“Kami ucapkan terima kasih kepada ibu-ibu yang telah meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan ini,semoga ini bisa menciptakan lapangan kerja,dan bisa dijadikan suatu usaha Rumah tangga,” tandas serka Andre,yang akrab disapa Igun.(Sun.A)

Komentar

Berita Lainnya