oleh

Diskes Pekanbaru Berupaya Tekan DBD Dan Optimalkan Peran Puskesmas .

Plt Kepala Diskes Kota Pekanbaru, Muhammad AminPekanbaru.Go.Id

Pekanbaru ( cMczone.com ) — Dalam menekan penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD), Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mengoptimalkan peran kader juru pemantau jentik (Jumantik) dan puskesmas.

Loading...

Ini dikatakan Plt Kepala Diskes Kota Pekanbaru, Muhammad Amin.

“Kita targetkan satu rumah satu kader jumantik. Kemudian untuk upaya kita saat ini, kita tetap mengoptimalkan peran puskesmas dan juga promkes dan konseling untuk turun ke masyarakat,” ungkap Muhammad Amin, Selasa (5/11/2019) pagi.

Lanjut Muhammad Amin, dirinya sudah menginstruksikan jajarannya rutin turun ketengah masyarakat.

“Sudah saya perintahkan masing-masing petugas kesehatan lingkungan kita, promkes, membuat jurnal ke masyarakat. Karena puskesmas itu sudah kita arahkan bukan lagi kuratif terlalu banyak. Kuratif 30 persen, 70 persennya adalah preventif, promotif,” jelasnya.

Kedepannya dikatakan Muhammad Amin, puskesmas tidak hanya sebagai tempat pengobatan, namun juga dapat dijadikan sebagai tempat berkonsultasi bagi masyarakat terkait kesehatan.

“InsyaAllah 2020 itu sudah berubah. Orang ke puskesmas tidak hanya berobat saja, namun juga berkonsultasi masalah kesehatan, lingkungan juga termasuk,” terangnya.

Terakhir disampaikannya, dalam menekan DBD, tidak hanya peran Jumantik saja. Dirinya berharap pada seluruh elemen bersama-sama menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Komentar

Berita Lainnya