Panglima TNI : “TNI Siap Dukung Pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

Jakarta,(cMczone.com) – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., menghadiri “Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Bidang Operasional Tahun 2019 dalam rangka Persiapan Operasi Lilin 2019” bertempat di auditorium STIK/PTIK, Jakarta Selatan. Jumat (13/12/2019).

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh peserta Rakor, kemudian dilanjutkan dengan Sambutan Pembuka oleh Menko Polhukam, setelah itu Sambutan Kapolri yang menjelaskan terkait kesiapan Pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

“Dalam pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2010 kita dapat merujuk pada pengamanan tahun 2018, bahwa masing-masing instansi telah mengetahui titik-titik kritis sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing,” Tegas Panglima TNI seraya menambahkan agar setiap pihak dapat berbagi informasi agar dapat mengantisipasi dan saling mendukung agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga :   Sambut Hut Bhayangkara ke 76 Tahun 2022, Polres Tapteng Gelar Donor Darah

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Menko Polhukam, Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U., M.I.P., Menteri Perhubungan, Bapak Ir. Budi Karya Sumadi, Kapolri, Jenderal Pol. Drs. Idham Azis, M.Si., Ka BMKG, Prof. Ir Dwikorita Karnawati M.Sc., Ph.D., Ka Basarnas, Marsdya TNI Bagus Puruhito S.E., M.M., Kepala Badan Pengelola Jalan Tol, Dirjen Yankes, Sestama BNP, Dirut Pertamina, Dirut Jasa Marga, Dirut Jasa Raharja, Vice President Security Operation PT KAI, beserta segenap Pejabat TNI dan Polri.

Dua momen penting tersebut tentunya akan melibatkan pergerakan masyarakat dan kendaraan dalam jumlah cukup besar, sehingga dibutuhkan pelayanan publik di wilayah-wilayah disetiap tempat dan tentunya jaminan keamanan yang prima. Dengan demikian sudah seharusnya semua pihak mewaspadai dan mempersiapkan segala sesuatu sesuai bidang tugas masing-masing.

Baca Juga :   Wadanlantamal IV Tutup Latihan Hukum Humaniter Internasional dan HAM

“Selanjutnya tiap bidang perlu untuk berkoordinasi dengan instansi lainnya agar dapat saling mendukung, melengkapi dan bertukar informasi,” Terang Panglima TNI.

Lebih lanjut harus dipedomani bersama bahwa pengamanan, yang patut diperhatikan juga tidak hanya mengamankan masyarakat, tetapi juga mengamankan petugas-petugas yang ditempatkan di lapangan dan agar diperhatikan bila ada yang melihat sesuatu yang mencurigakan, segera memberitahukannya kepada orang lain, khususnya aparat terkait.

“TNI akan senantiasa siap untuk memberikan bantuan dan dukungan, baik personel maupun alutsista sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki satuan-satuan yang sudah tergelar di tiap-tiap wilayah, guna suksesnya Peringatan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020,” Tegas Panglima TNI yang menerjunkan 17190 Prajurit TNI diseluruh Indonesia dalam Operasi Lilin 2019.(Red)