oleh

Akhirnya ….Wawako Meresmikan SPAL – T di Kelurahan Sialang Rampai Tenayan Raya

wakil Walikota Pekanbaru, H. Ayat Cahyadi, S. Si meresmikan Sarana Sistem Pengolahan Air Limbah Terpusat (SPAL-T), di Jalan Akasia Kelurahan Sialang Rampai  Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru .

Pekanbaru ( cMczone.com ) — Dihadiri puluhan masyarakat , wakil Walikota Pekanbaru, H. Ayat Cahyadi, S. Si meresmikan Sarana Sistem Pengolahan Air Limbah Terpusat (SPAL-T) yang merupakan Program  Sanitasi Berbasis Masyarakat – Islamic Development Bank (Sanimas-IsDB) Tahun Anggran 2019 di Jalan Akasia, Kelurahan Sialang Rampai  Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Senin (16/12/2019)

Dalam pidato penyampaian nya wawako merasa bersyukur karena SPAL-T Program Sanimas IsDB tahun 2019 di KSM Akasia Bertuah dapat terlaksana sesuai dengan apa yang telah diprogramkan. Perlu diketahui SPAL-T ini berada di RW 03/RT 1 Kelurahan Sialang Rampai, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru adalah beberapa contoh inovasi dan trobosan baru yang di programkan pemerintah pusat dan pembiayaan nya melalui APBN .

Baca Juga :   Hardiknas Tahun 2019, Pemda Kampar Berikan Penghargaan Kepada Guru Berprestasi.

“Wawako berpesan agar masyarakat bisa menggunakan fasilitas daur ulang limbah ini sebaik-baiknya, agar air limbahnya tidak mengalir sembarangan,” tuturnya.

Wawako juga menyampaikan bahwa nantinya ada juga limbah yang bisa didaur ulang. Ia pun mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan karena air limbahnya sudah tertata dengan baik.

Ayat juga berpesan agar memilah sampah organik dan nonorganik. Sampah organik bisa jadi kompos.Sedangkan sampah non organik bisa didaur ulang. Bahkan bisa jadi produk bernilai ekonomis.

“Pesan saya jangan buang sampah sembarangan. Pilah sampah yang organik dan nonorganik,” ulasnya.

Ayat menambahkan bahwa saat ini musim hujan. Masyarakat harus memastikan agar saluran air tidak tersumbat oleh sampah. Masyarakat harus memastikan saluran air berfungsi dengan baik.

Baca Juga :   GSF 2019, Tiket Menuju "Surga Tersembunyi" di Tepian Galundi. Berikut Penampakannya!

“Jangan biarkan penyebaran penyakit seperti DBD. Maka jaga kebersihan lingkungan kita,” terangnya.

Saat ini di Pekanbaru ada 12 titik SPAL- T. Posisinya menyebar di sejumlah kecamatan.

Ada di Kecamatan Tenayan Raya, Rumbai dan Tampan. Ada rencana tahap II tahun 2021 untuk pembangunan SPAL- T

Tak luput turut hadir dalam peresmian SPAL- T 2019 ,Camat Tenayan Raya ,Lurah Sialang Rampai, beberapa ketua RW dan RT, tokoh masyarakat , KSM ( Kelompok Swadaya Masyarakat ) Akasiah Bertuah , Babinsa , Babinkamtibnas , Perkim Provinsi ,PUPR Provinsi , Perkim ,kota Pekanbaru , PUPR kota Pekanbaru .

Liputan Robert Sitompul .

Komentar

Berita Lainnya