oleh

Heboh..Warga Korong Lantak Mingkudu Saksikan Gerhana Cincin

Pariaman, (cMczone.com) – Fenomena gerhana matahari cincin (GMC) akan bisa disaksikan di 25 wilayah di Indonesia pada hari ini, Kamis (26/12/2019)Selain itu, beberapa daerah lainnya bisa menyaksikan gerhana matahari, sebagian Gerhana matahari cincin terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris saat itu, piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil dibandingkan piringan matahari.

Ketika terjadi puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin, yakni gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

Loading...

Fenomen gerhana matahari cincin di Indonesia diawali berupa gerhana matahari sebagian, diprediksi akan dimulai pukul 12.15 WIB.

Selanjutnya, pada pukul 12.17 WIB, akan memasuki fase puncak. Waktu puncak ini dianggap sebagai waktu terbaik untuk mengamati fenomena GMC, dan Fenomena gerhana matahari cincin akan berakhir di Indonesia pada pukul 12.19 WIB.

Baca Juga :   Tangkal Bahaya NORKOBA Babinsa Kratonan Berikan Sosialisasi Kepada Siswa SMP 19 Serengan

Adapun, daftar wilayah yang bisa menyaksikan gerhana berdasarkan rilis BMKG, ada 25 kabupaten/kota.

Salah satu nya di Kabupaten Padang Pariaman,menurut keterangan salah satu warga (Nursifa-red), warga Lantak minggkudu Nagari Padang Bintungan Kecamatan Nan Sabaris Kab Padang Pariaman Sum-Bar. “pantulan cahaya itu sangat jelas,terlihat dari lantai rumah nya,karena salah satu atap rumah nya memakai seng plastik (piber-red),dan cahaya itu sangat telihat jelas,terang nya.

“Dan cuaca mendung seperti mau hujan,jam segini kok panas nya begini,awal nya saya gak tau ada nya Gerhana,jelasnya pada awak media. (7on)

Loading...

Komentar

Berita Lainnya