oleh

Aksi Solidaritas Uighur Duri, H. Abi Bahrun : Ini Bukan Persoalan Agama Saja, Namun Perkara HAM Dunia

Duri, (cMczone.com) – Aksi Damai Peduli Muslim Uighir, ribuan Masyarakat Kota Duri berbondong-bondong turun ke jalan untuk menyuarakan kedamaian Dunia, massa yang tergabung dalam Aliansi umat Muslim dan dari berbagai Organisasi pada, pagi Sabtu 04/01/20 memadati aspal Kota Duri, menggelar Aksi Solidaritas Peduli Umat Muslim Uighur dengan melakukan long march, massa mulai start dari simpang pokok Jengkol dan fhinise di jalan lintas Duri Dumai, tepatnya di jalan SSQ Desa Batang Dui Kecamatan Bathin solapan, Kabupaten Bengkalis – Riau.

Dari berbagai golongan kelompok Masyarakat dan dari berbagai daerah ribuan massa ini yang hadir, di perkirakan sejak pukul, 7: 00: Wib lebih kurangnya, massa sudah berkumpul untuk mengadakan aksi damai solidaritas “Peduli Muslim Uighur, Selain melakukan aksi long march, aksi masa ini juga membawa berbagai atribut, diantaranya bendera tauhid, spanduk yang bertuliskan” Peduli Muslim Uighur” Bebaskan Seluruh Tahanan Dari Camp, dan Boikot Produck Cina, Serta Putuskan Hubungan Biletral Dengan Cina,” Kemudian kegiatan berlanjut dengan aksi Pernyataan sikap, menggulirkan Petisi, menunjukkan sikap masyarakat duri, mengutuk segala bentuk Kekerasan yang dilakukan oleh Pemerintah Republik Rakyat Cina (RRC) terhadap muslim Uighur, dalam hal ini disampaikan dan dibacakan oleh Erwanto Aman, yang didampingi oleh H.Selamat Simamora, Anuarsyah, Khairul Umam, Wawan Conari, Buya HaMKA Riau, M. Azwar serta disaksikan oleh dejumlah personil Polres Bengkalis, Koramil 04 Mandau, yang diikuti seluruh massa, aksi damai peduli Uighur juga menyerahkan bantuan dari hasil sumbangan yang di kutip dari masyarakat muslim duri peduli untuk Uighur.

Baca Juga :   Tiga Kali Mangkir, Plt Bupati Bengkalis DPO Polda Riau

Dilapangan pasar Sultan Syarif Qasim Duri, yang berada di Jalan lintas Duri Dumai, Desa Tambusai Batang Dui Kecamatan Bathin Solapan, terlihat ikut hadirnya, Ketua DPRD Bengkalis, H. Khairul Umam, Ketua Fraksi PKS DPRD Bengkalis, H. Abi Bahrun, S.S. M. Si, Buya HaMKA Riau, Ketua Panglima Laskar Melayu Riau, Anuarsyah yang juga sebagai Ketua Panitia Pelaksana Aksi Peduli Umat Muslim Uighur dan sejumlah tokoh lainnya yang ikut hadir dalam aksi damai ini.

Ketua Fraksi PKS DPRD Kabupaten Bengkalis, yang juga di gadang-gadangkan sebagai Balon kuat Bupati Bengkalis ini, H. Abi Bahrun, S.S M. Si, kepada redaksiriau.com mengatakan, hari ini yang di lakukan Masyarakat Kota Duri, Aksi solidaritas unjuk rasa damai, peduli umat muslim Uighur tersebut, bukan hanya menyangkut persoalan umat muslim Uighur yang di tindas oleh Pemerintahan China, namun ini juga hal ini, menyangkut sebuah perkara pelanggaran Hak Asasi Manusia, HAM Dunia, Bangsa-bangsa Dunia mempunyai berkewajiban untuk menghentikan kekerasan dan kekejaman di muka bumi ini, Masyarakat Dunia memikili peran penting dan berkewajiban untuk menciptakan kedamaian Dunia, oleh karena itu kami menghimbau kepada seluruh Masyarakat Dunia, untuk harus ikut andil menghentikan kekerasan dan penindasan yang di lakukan oleh Pemerintahan China terhadap Umat Muslim Uighur, kami juga meminta kepada Pemerintah Indonesia, supaya dapat untuk mengambil langkah-langkah tepat kebijakannya, bersikap tegas dan meminta Pemerintah China untuk menghentikan penindasan kepada Muslim Uighur sesegera mungkin.***(Amr).

Komentar

Berita Lainnya