oleh

Hadapai UNBK, 22 SMP MKKS Rayon 2 Kampar Gelar Workshop Proktor

Kampar, (cMczone.com) – Sebanyak 22 sekolah di Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Rayon 2 Kampar, melaksanakan kegiatan Worshop Proktor atau Teknisi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2020.

Kegiatan itu diikuti oleh para Proktor atau Teknisi dua peserta perwakilan masing-masing sekolah tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) MKKS 2 Kampar. Acara tersebut di gedung aula SMPN 4 Tambang, Rabu (15/01/2020) pagi.

Loading...
Teks Foto : Suasana Workshop Proktop MKKS Rayon 2 Kampar

Selain perwakilan dari masing-masing sekolah, dalam kegiatan itu kepala sekolah (Kepsek) se MKKS 2 Kampar juga ikut memantau kegiatan Workshop tersebut. Dan terpantau antusias perwakilan proktor dan teknisi mengikuti kegiatan itu.

,” Kegiatan ini dilaksanakan untuk mematangkan persiapan dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2020,” kata Ketua MKKS Rayon 2 Kampar, Mulhadi, dalam kunjunganya dalam kegiatan itu.

Selaku narasumber dalam kegiatan sosialisasi UNBK itu adalah Iqbal Jamaludin dari Sekolah Pintar Indonesia (SPI) dari Bandung,” Kita berharap apa yang dilaksanakan bisa dicerna oleh Proktor atau Teknisi perwakilan sekolah, agar UNBK bisa berjalan dengan baik,” tutur Mulhadi.

Baca Juga :   Polsek Kumpeh Ilir Adakan Bakti Sosial, Jelang HUT Bhayangkara ke 73

Dikatakan Mulhadi, Ujian nasional berbasis komputer ( UNBK) disebut juga komputer based test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian Nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya.

Sambungnya, dalam pelaksanaannya UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional kertas pensil ( UNKP) yang selama ini sudah berjalan,” Banyak manfaat UNBK ini, tidak hanya bagi siswa tapi juga bagi guru,” tutur Mulhadi.

Dikatakan oleh Mulhadi lebih jauh, manfaat UNBK ini bagi siswa adalah Pertama ajang Menguji Kemampuan. Bagi siswa, UNBK tentu merupakan ajang untuk mengasah seberapa jauh kemampuan mereka dalam menyelesaikan soal sesuai dengan kompetensinya masing-masing.

Setelah tiga tahun belajar, mereka diuji untuk menyelesaikan soal-soal yang tentu sudah sering mereka kerjakan di kelas.

Menguji Kejujuran. Nah, ini juga yang penting yaitu kejujuran. UNBK adalah sarana mengasah kejujuran siswa dalam mengerjakan soal.

Kejujuran ini merupakan nilai utama dalam UNBK, jadi setiap siswa di Indonesia harus mampu memahaminya. Percuma nilai tinggi tapi hasil mencuri alias mencontek, tidak akan ada berkahnya sama sekali. Ingat ya!.

Baca Juga :   Putri Ketua PEKAT IB Mentawai Juara 1 Putri Maritim SUMBAR 2019

Melatih Kesabaran, kata Mulyadi UNBK adalah sarana mengasah kesabaran. Siswa harus bisa menahan emosi dan tidak larut dalam berita-berita dan info provokasi.

Siswa harus sabar bahwa UNBK adalah sebuah ujina kesabaran. Ingat orang yang paling sabar adalah yang beruntung. Sabar dan kerjakan sesuai kemampuan, itu lebih baik.

Melatih Daya Juang. Namanya ujian, tentu kamu harus berjuang untuk melaluinya dengan baik. Maka dari itu UNBK akan melatih daya juang kamu sehingga nantinya akan terbawa sampai dewasa.

Jika daya juang kamu di UN saja sudah baik tentu di ujian kehidupan lainnya saat dewasa mental tersebut masih tersimpan dalam diri kamu.

Tidak hanya bagi siswa akan tetapi UNBK merupakan wadah evaluasi diri bagi guru, sejauhmana ia memberikan pengajaran dan pendidikan yang baik bagi siswanya. Jika banyak siswa yang bernilai dibawah standar, bisa jadi yang salah adalah cara mendidik dan mengajar gurunya.

Baca Juga :   Ampuh Desak Kejati Jambi Bongkar Dan Tuntaskan Kasus Dana SAMISAKE Kabupaten Batanghari

Kemudian UNBK juga, menguji Kompetensi Guru. UNBK bisa menjadi sarana bagi guru untuk menguji sejauhmana pemahaman guru akan materi pelajaran di tiap kompetensinya. Guru harus memahami setiap kompetensi dasar yang diujikan di UN agar tidak salah menjelaskan materi ke siswa.

Melatih Kesabaran, kata dia, sama halnya seperti siswa, dalam UNBK guru juga dilatih kesabarannya. Memang masih banyak guru yang emosi dan tidak yakin manfaat dari UNBK ini. Jika guru itu sabar pastinya ia guru yang baik dan siswa pasti akan belajar dengan baik. Jika tidak ya wasalam.

Menguji Kejujuran. Nah sudah pasti yang namanya UNBK itu membuat sekolah ketar-ketir. Ada sekolah yang sering memberi tahu kunci jawaban karena takut image sekolah jelek dll. ,” Ini adalah ujian kejujuran. Sekolah harus memahaminya,” pungkas Mulhadi.****(Ton/Arl).

Loading...

Komentar

Berita Lainnya