oleh

Diera Zaman Yang Serba Canggih, Masih Ada Yang Menggunakan Mesin Tik

Lampungselatan, (cMczone.com) – Dizaman Era yang serba canggih, jauh sebelum ponsel pintar, laptop, tablet dan gadget yang menjamur dan memudahkan pekerjaan manusia ketika menulis dan mengetik dsb nya, tapi tidak dengan salah satu warga Desa Jati Tabu Klawi Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (16/01/2020)

Sebut saja Ardiyanto, beliau adalah salah satu penggerak literasi (perahau begerak) yang sampai saat ini masih menggunakan mesin tik. Ardiyanto penggerak literasi menceritakan asal mesin jadul ini,” mesin tik jadul ini saya dapat dariĀ  saudara (A, bikis-red), yang dulu bekerja di percetakan kota Serang Banten, karena mengingat umur mesin ini sudah tua, jadi mesin ini di hibahkan kepada saya,” Jelasnya.

”Walaupun mesin ini terdengar agak sedikit berisik dengan suara tak tik tok nya, namun keberadaan mesin tik jadul ini memberikan banyak manfaat yang tak terbantahkan. Mesin ketik ini merupakan barang langka dan tak semua orang memilikinya, ketika menggunakan mesin ketik jadul ini ada sederet hal-hal unik sekaligus seru yang mungkin bisa bikin tersenyum sendiri jika mengingatnya,” paparnya.

Baca Juga :   Permintaan FORMASI RIAU Terhadap Karlahut Dan Kerusakan Lingkungan Di Riau

Ia menambahkan,” Ada beberapa hal yang rumit ketika akan menggunakan mesin ketik jadul ini, salah satunya saat memasang kertas dan meluruskannya, antara ujung atas dan bawah, mengatur margin kiri atas kanan kiri bawah,mengatur spasi dan tak lupa mengecek tinta pita, dan ini memerlukan waktu beberapa menit, dan memakan waktu lebih banyak lah, tidak seperti halnya computer atau laptop seperti yang digunakan orang-orang sekarang, yang hanya beberapa klak klik saja. Meski saya menggunakan alat ini agak ribet, namun dengan menggunakan mesin ketik jadul ini ternyata bisa memberikan kesan tersendiri yang sulit untuk di lupakan hingga sekarang,” pungkasnya. (Saipul.B)

Komentar

Berita Lainnya