oleh

Rusdi Bromi | Pentingnya Kesadaran Jurnalis di Kalangan Mahasiswa

Pekanbaru,(cMczone.com) – Guna menumbuhkan kesadaran serta keterampilan jurnalis di kalangan Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) mengadakan Seminar dengan mengundang Rusdi Romi selaku Pimpinan Umum Media cmczone.com mengadakan pelatihan jurnalistik Lembaga Pers Himpunan Mahasiswa Islam, di sekretariat FITRA Kota Pekanbaru, Kamis (13/2/2020).

Rusdi Romi selaku pemateri dengan tema ” Pentingnya Kesadaran di Kalangan Mahasiswa” menjelaskan bahwa Mahasiswa sebagai garda terdepan dan sebagai Kontrol Sosial ditengah tengah masyarakat diharapkan dapat memaksimalkan peran Mahasiswa khususnya dalam Bidang Jurnalis. Serta kegiatan Mahasiswa tersebut juga harus meendapat dukungan dari pihak Kampus  seperti dengan adanya Lembaga jurnalis di dalam kampus.

Hal tersebut dapat dicapai dengan kebebasan belajar yang tak terfokus hanya didalam kampus namun juga dapat belajar diluar kampus serta dapat mengetahui dan bersentuhan langsung dengan Masyarakat. Serta kebebasan dalam berkomunikasi sehingga wawasan Mahasiswa dapat lebih luas mengetahui kondsi yang terjadi di masyarakat.

Baca Juga :   Bejat! Guru Les Vokal di Padang Panjang Ini Perkosa Muridnya Hingga Hamil 8 Bulan

Rusdi Bromi yang akrab disapa Romi berharap dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, diharapkan bisa meningkatkan minat menulis para mahasiswa bahkan dapat dijadikan Hobi yang bisa mendatangkan pnghasilan.

Selain dihadiri Oleh peserta seminar, acara tersebut juga dihadiri oleh Katua Umum HMI Kota Pekanbaru Haris oki adi supinta. Menurut Haris banyaknya problom yang terkait dengan sikap dan etika seorang jurnalis yang perlu dan terus dikembangkan sikap profesionalisme bagi jurnalis dalam menjalankam tugas dan fungsi sehingga tercapainya fungsi kontrol yang baik yang akan menciptakan keseimbangan dan keselarasan antar Pemerintah dan Rakyat. Untuk menghindari Tirani Pemerintah dan Anarkisme Masyarakat dikarenakan adanya keseimbangan tersebut, beber Haris.

Baca Juga :   HUT RIMBAWAN KE 35 TAHUN DIBALAI PEMANTAPAN KAWASAN HUTAN (BPKH) BANGKA BELITUNG.

Sementara Rusdi Bromi menambahkan “Semoga dengan adanya kegiatan ini, kita dapat mengajak kawan-kawan mahasiswa agat kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan dengan rutin agar bisa membawa manfaat lebih,”

“Karna dengan menulis kita bisa menyampaikan informasi, menyadarkan dan membangun opini publik ataupun bisa juga berupa kritik kepada pemerintah,” tambahnya.

Karena ia menilai, bahwa kegiatan membaca dan menulis nantinya bisa membetuk peradaban sebuah bangsa.

“Karna membaca dan menulis, merupakan faktor penting dalam membentuk sebuah peradaban bangsa,” tutupnya.

Loading...

Komentar

Berita Lainnya