oleh

MTQ Tingkat Kecamatan se-Kota Tanjungpinang Dimulai dari Bukit Bestari

Tanjungpinang,(cMczone.com) –  Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XIV tingkat Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Tahun 2020 mulai diselenggarakan.

Pembukaan MTQ XIV Tahun 2020 ini dimulai pada hari Selasa (11/2/2020) pukul 20.30 WIB bertempat di Halaman Kantor Camat Bukit Bestari yang dibuka langsung oleh Wakil Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP yang juga merupakan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Tanjungpinang.

Acara pembukaan MTQ ini diawali dengan defile (parade) kafilah kelurahan, pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang dibawakan oleh Ustad Duduy Sa’dullah yang merupakan juara nasional, pembacaan doa oleh Kepala kantor Urusan Agama Kecamatan Bukit Bestari H. Ali Busro, S.Ag dan pelantikan Dewan Hakim MTQ dengan Ketua Drs. H. Sutan Muhammad Isa, MA.

Baca Juga :   Parah, Diduga Warga Desa Tak Bisa Gunakan Ambulans Desa

Dalam laporannya, Camat Bukit Bestari Faisal Fahlevi, S.STP menyampaikan bahwa MTQ XIV ini dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 11 s.d 13 Februari 2020 bertempat di Halaman Kantor Camat Bukit Bestari dengan mempertandingkan 2 cabang lomba yaitu cabang Tilawah Al Qur’an dan Hifzil Qur’an.

Cabang Tilawah Al-Qur’an yang dilombakan adalah golongan Tartil Qur’an, anak-anak, remaja dan dewasa. Khusus untuk cabang hifzil qur’an yang dilombakan adalah hifzil 1 juz dan tilawah.

Disamping cabang Tilawah Al Qur’an dan Hifzil Qur’an, juga diperlombakan kompang/rebana dewasa dan marawis remaja. Peserta yang mengikuti MTQ XIV berjumlah 45 orang dan 10 group kompang/rebana dan marawis dari 5 Kelurahan diwilayah Kecamatan Bukit Bestari.

Baca Juga :   2 KG Sabu Ditemukan Di Gudang Cargo Bandara SSQ Pekanbaru

MTQ XIV ini juga memperebutkan piala bergilir yang baru, karena piala bergilir yang sebelumnya sudah menjadi piala tetap untuk Kelurahan Sungai Jang yang sudah 3 kali berturut-turut sebagai juara umum.

Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP dalam sambutannya yang membacakan amanat Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang ikut mensukseskan MTQ XIV Tingkat Kecamatan Bukit Bestari Tahun 2020.

“Melalui MTQ ini diharapkan akan muncul generasi Qur’ani di Kota Tanjungpinang,” kata Rahma.

Acara pembukan MTQ ini juga disejalankan dengan pengukuhan Pengurus Dewan Masjid Kecamatan Bukit Bestari masa khidmat Tahun 2020-2025 dengan ketua terplih H. Syahrial Ajis, S. Sos. yang dikukuhkan oleh Wakil Ketua Dewan Masjid Kota Tanjungpinang Drs. H. Mukmin Hamid.

Baca Juga :   Sebanyak 62 Rumah Ludes Terbakar di Pangkal Duri

Tampak hadir pada pembukaan MTQ XIV ini Sekda Kota Tanjungpinang, Anggota DPRD Kota Tanjungpinang dapil Bukit Bestari, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tanjungpinang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, Kapolsek Kecamatan Bukit Bestari, Ka. KUA Kecamatan Bukit Bestari, Ketua MUI Kecamatan Bukit Bestari, Ketua DMI Kecamatan Bukit Bestari, Lurah se-Kecamatan Bukit Bestari, Babin Kamtibmas dan Babinsa se-Kecamatan Bukit Bestari, Forum RT/RW, Karang Taruna dan masyarakat umum.

Laporan: Budi Adriansyah

Komentar

Berita Lainnya