MTQ ke VIII Provinsi Kepri, Isdianto: Harus Serius dan Sungguh-Sungguh

Tanjungpinang, (cMczone.com) – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) H. Isdianto didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) H.TS Arif Fadilah memimpin secara langsung rapat persiapan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke VIII Provinsi Kepri di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Senin (17/2/2020) malam.

Membuka rapat ini, Isdianto langsung meminta kepada semua pantia pelaksanan MTQ untuk serius dan sungguh-sungguh dalam menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pelaksanaan MTQ. yaitu mulai dari kegiatan penyambutan kafilah, pembukaan, perlombaan hingga penutupan.

“Kegiatan MTQ ini sudah sering kita lakukan. Karena sudah sering kita lakukan, maka saya harap semua pelaksana sudah paham tugas dan fungsi masing-masing. Mari kita sama-sama evaluasi apa yang kurang pada penyelengaraan sebelumnya dan terus lakukan persiapan dengan baik sehingga MTQ kali ini berjalan lancar dan sukses,” kata Isdianto.

Dengan pelaksanaan MTQ tahun ini, Isdianto berharap ini bisa menjadi sebuah ajang yang mampu menghasilkan para qori dan qoriah yang terbaik yang bisa mewakili Kepri bukan hanya tingkat nasional namun juga bisa sampai ke level internasional.

Baca Juga :   Kedai Kopi Kimteng Pekanbaru

“Saya rasa Kepri sudah punya pengalaman yang matang, bahkan sangat diperhitungkan di tingkat MTQ Nasional. Oleh karena itu saya minta kepada semua untuk memanfaatkan kegiatan ini sebaik mungkin sebagai sarana untuk mencari bakat qori dan qoriah yang terbaik yang dapat mengharumkan nama Kepri di tingkat nasional dan internasional,” harapnya.

Pada kesempatan ini, Isdianto juga manyampaikan rasa terimakasihnya kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah bekerja keras mempersiapkan lahan dan arena yang akan digunakan pada perhelatan MTQ di area Gurindam 12, Tepi Laut, Kota Tanjungpinang.

“Siang tadi saya sengaja turun langsung melihat kerja kawan-kawan OPD. Terlihat sekali keseriusan dan optimisme dari Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perkim bahkan Biro Umum untuk mempersiapkan lokasi ini. Saya harap terus tingkatkan koordinasi dan komunikasi antar sesama, agar apa yang kita semua rencanakan bisa selesai tepat waktu,” harap Isdianto.

Isdianto juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran persiapan penyelenggraan MTQ.

Dirinya berharap MTQ kali ini bisa lebih menarik dan meriah sehingga masyarakat semangat dan antusias untuk menyaksikannya.

Baca Juga :   Diduga Pembangunan Proyek di SMAN 7 muara Jambi Proyek Siluman, Toha : Kalau PPTK Sulit Dijumpai Kami Akan Unjuk Rasa

“Terimakasih kepada semua masyakat Kepri, terutama kepada Walikota Tanjungpinang atas sumbang sarannya untuk mensukseskan MTQ ke VIII Provinsi Kepri. Biarpun tadi kami hanya koordinasi lewat  handphone tapi langsung merespon. Ini menunjukan suatu kerja sama yang sangat baik,” ujarnya.

Sementara itu, Sekda Kepri Arif Fadilah memaparkan sejumlah kegiatan yang akan dipersiapkan untuk kegiatan MTQ. Diantaranya terkait Surat Keputusan (SK) panitia, yakni jadwal pelaksanaan, peserta, astaka, pelantikan dewan hakim, pawai ta’aruf, bazar dan penyambutan kedatangan kafilah.

“Berdasarkan hasil ekspos persiapan kita ini, pelaksanaan MTQ mulai dari tanggal 11 April sampai dengan 17 April 2020, yang direncanakan dibuka langsung oleh Menteri Agama,” papar Arif.

Dalam rapat tersebut, Arif menyampaikan peserta kabupaten/kota tujuh hari sebelum hari H sudah berdatangan dan penyambutan langsung dari ponton pelabuhan oleh masing-masing LO dan ini sudah kita koordinasikan dengan syahbandar.

Tanggal 11 April pagi jelang pembukaan, Arif menjelaskan, akan digelar pawai ta’aruf, pengukuhan dewan hakim langsung dengan orientasi dewan hakim kemudian sore pembukaan pameran bazar yang dibuka oleh Ibu gubernur.

“Kita mengingatkan kepada panitia, terutama soal kemungkinan terjadinya hal-hal yang diluar dugaan. Tolong diperhatikan betul-betul itu semua, agar masalah bisa di antisipasi oleh panitia,” terang Arif.

Baca Juga :   Ditengah Pandemi Covid-19, Dibawah Pembinaan Koramil 01 Rumbai Bersama Masyarakat Kelola Ubi Kayu Menjadi Dodol

Mengakhiri pemaparannya, Arif juga percaya kepada seluruh panitia yang siap menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dalam mensukseskan perhelatan besar ini.

“Mari sama-sama kita sukseskan semua kegiatan MTQ ke viii ini dengan baik. Mudah-mudahan dengan kerja sama kita, semua kegiatan ini berjalan sukses mulai dari pembukaan sampai penutupan nantinya,” tutup Arif.

Beberapa OPD juga memaparkan rencana kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan Tugas Pokok Fungsi (Tupoksi) dan kepanitiaan masing-masing yang sudah di SK-kan Gubernur Kepri dengan Nomor 1163 Tahun 2019.

Turut serta dalam rapat persiapan ini, Kepala Barenlitbang Naharudin, Plt Asisten Tata Pemerintahan Raja Ariza, Kadis Perkim Mahyudin, Kadis Pendidikan M Dali, Kadis Pariwisata Buralimar, Kadis Kebudayaan Yerri Suparna, Kadis BPMD Sardison, Kadis Kominfo Zulhendri, Kadis LH dan Kehutanan Nilwan, Kadis PTSP Syamsuardi, Kabiro Umum Martin Maromon, Kabiro Kesra H Aiyub, Kabiro Pembangunan Aries Fhariandy, Plt Kabiro Humas Protokol dan Penghubung Zulkifli, dan sejumlah Kepanitiaan MTQ.

Laporan: Budi Adriansyah/MC Kepri