Puluhan Pemuda di Rohil Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik

BAGANSIAPIAPI – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar pelatihan Jurnalistik Generasi Milenial dengan menggandeng Lembaga Pendidikan Wartawan, Pekanbaru Journalist Center (PJC).

Pelatihan ini digelar sempena Hari Pers Nasional (HPN) 2020 yang ini diikuti kalangan pelajar, mahasiswa dan aktifis mudadi Hotel Rasa Sayang, Kota Bagansiapiapi, Kamis (20/2/2020).

Kegiatan ini dibuka langsung Bupati Rohil H Suyatno yang diwakili oleh Asisten II Pemkab Rohil Rahmatul Zamri. Turut hadir Kepala DLH Rohil, Suwandi, Kepala Diskominfo Rohil dan Kadis PU Rohil.

Asisten II Pemkab Rohil Rahmatul Zamri berharap dengan adanya pelatihan jurnalistik ini akan muncul wartawan-wartawan muda dan profesional.

Baca Juga :   Jalan Santai Polres Lingga Berhadiah Sepeda Motor dan Kambing.

“Wartawan dan pemerintah harus bersinergi, fungsi pers sangat penting selain kontrol sosial juga sebagai penyebarluasan informasi tetantang pembangunan daerah,” ujarnya.

Sementara itu Kepala DLH Rohil, Suwandi menambahkan, pihaknya menyambut baik pelatihan jurnalistik tersebut terutama nantinya kalangan pers bisa mengedukasi dan menambah wawasan lingkungan terhadap pembaca.

Ketua pelaksana Rahmat Sutiono juga sebagai Direktur PJC Cabang Rohil berterima kasih atas dukungan Pemkab Rohil, DLH dan semua pihak yang telah membantu dan menyukseskan pelatihan jurnalistik tersebut.

Kegiatan pelatihan Jurnalistik juga menghadirkan lima pemateri ahli di bidangnya, Tak ayal lagi terjadi dialog hangat dan puluhan peserta sangat antusias dengan terus melontarkan pertanyaan di sepanjang pelatihan yang dimulai pukul 11.00 WIB hingga 17.00 WIB tersebut.

Baca Juga :   Drs H Alfian MAg  Alhamdulillah berkat usaha dan do’a kita bersama Kampar Menjadi Juara Umum MTQ

Pemateri Utama Utama PJC, Drs Wahyudi El Panggabean MH banyak menuangkan ilmunya kepada peserta tentang dunia jurnalistik hingga berbagai strategi perburuan informasi.

Selanjutnya, DR Yudi Krismen S.H, M.H menyampaikan tentang UU ITE dan Hukum Pers dan Pemimpin Redaksi media siber monitrriau.com Cipto Setyawan menyampaikan materi menulis berita dengan cepat, tepat dan santun.

Pemateri keempat adalah Asmanidar H Zainal S.H yang merupakan direktur pendidikan PJC yang menyampaikan tentang tekhnik wawancara. Yang terakhir ditutup oleh Direktur PJC Cabang Dumai, Ganda Jaya Siregar dengan materi tentang media online.

Wahyudi Juga Berharap Dengan adanya pelatihan ini, generasi milenial dapat termotivasi dan punya keberanian untuk menulis hingga terjun ke dunia jurnalistik.

Baca Juga :   Yuli Artasuyasa Dampingi Imelda Harnoto Hadiri Peresmian Gedung Malahayati

“Melalui pelatihan ini diharapkan generasi milenial dapat termotivasi mengembangkan karier jurnalistik,” jelasnya.

Acara ditutup dengan foto bersama. Sebelumnya peserta pelatihan diberikan buku karangan Drs Wahyudi El Panggabean MH dengan judul “Wartawan Berani, Beretika”. (Rls)