Dicari, Kepala Daerah Peduli Pariwisata!

YUSRI LATIF, S.HI

PADANG, CMCZONE.COM– Masyarakat Sumatera Barat dan para pelaku pariwisata, menginginkan calon gubernur dan kepala daerah di kabupaten/ kota yang maju di Pilkada 2020, adalah sosok yang benar-benar memiliki kepedulian dan memberikan perhatian serius untuk membangkitkan gairah pariwisata di daerah masing-masing.

“Siapapun yang akan maju dan terpilih nantinya, diharapkan adalah tokoh yang benar-benar mampu membangkitkan segenap potensi dan sumber daya yang ada daerah, khususnya bidang pariwisata,” kata Owner Cantigi Tour, Yusri Latif, S.HI di Padang, Senin (24/2).

Founder Cantigi Institute itu meyakini, jika Sumbar memiliki potensi sumber daya yang mampu dimanfaatkan untuk menyejahterakan masyarakatnya. Salah satu potensi yang masih belum dimanfaatkan dan diurus dengan baik adalah sektor pariwisata. “Butuh keseriusan dan komitmen yang tegas untuk mengurus pariwisata, tak bisa sekadar wacana dan retorika,” tandas Latif.

Baca Juga :   Bisa Sebabkan Kematian, Petugas DPKP Evakuasi Sarang Tawon Tabuan

Dia mengatakan, hanya dengan fokus mengurus satu bidang pariwisata saja, maka Sumbar dan 19 daerah kabupaten/ kota lainnya, sudah bisa dikatakan hebat, sudah bisa maju. Perekonomian masyarakat sebutnya, akan merangkak dan serta merta bergerak naik.

“Yang pasti, pariwisata mampu menghadirkan multyplayer effect ke semua sektor pembangunan di daerah. Dengan hidupnya pariwisata, maka dari petani, nelayan hingga UMKM bisa bangkit, termasuk infrastruktur,” ujar Latif.

Dia melihat, hampir seluruh daerah di Sumbar memiliki potensi sumber daya alam yang hebat jika dikelola dan dikembangkan untuk pembangunan bidang pariwisata. Mulai dari wisata alam, wisata tambang hingga wisata budaya, wisata kuliner atau satu hal yang populer saat ini, wisata maritim.

Baca Juga :   Diduga Pemanggilan KPK Tidak Jelas, Masyarakat Minta Indra Pomi di Tingkatkan Jadi Tersangka

“Nah, tugas kepala daerah, khususnya Gubernur Sumbar nanti, adalah bagaimana mensinergikan kekuatan masing-masing daerah, lalu menyatukannya dalam sebuah program bersama. Saya dan kami para pelaku pariwisata khususnya, pasti akan sangat mendukung. Kami yakin, masyarakat juga akan sangat mendukung,” ujar Latif. UNCU LADIANG