oleh

Pembinaan Teknis Petugas Intervensi Berbasis Masyarakat (PBM) di Kelurahan Tamarunang

MAKASSAR – Dalam rangka pelaksanaan program Pemulihan Berbasis Masyarakat (PBM), Bidang Rehabilitasi BNNP Sulawesi Selatan melaksanakan pembinaan teknis bagi personil Kecamatan dan Kelurahan yang menjadi sasaran program kelurahan bersinar tahun 2020.

Diketahui program kelurahan bersinar merupakan bagian dari program P4GN dan program lain sebagai pendukung seperti program penceghan, pemberdayaan masyarakat, rehabilitasi dengan konsep Pemulihan Berbasis Masyarakat hingga program pemberantasan peredaran gelap Narkotika melalui penegakan hukum.

Dalam pembinaan turut hadir relawan dari Kelurahan Tamarunang sebanyak 6 orang yang di berikan pembekalan tentang Intervensi Berbasis Masyarakat, SIL (screening Intervensi Lapangan), pemulihan berbasis masyarakat (PBM), pencegahan kekambuhan dan ditutup dengan diskusi mengenai persiapan penerapan Intervensi Berbasis Masyarakat di Kelurahan Tamarunang.

Baca Juga :   PEKAT IB Riau : Dunia Internasional Harus Berperan, Jika Pemerintah Tak Mampu Mengatasi Persoalan Asap

Dalam sambutannya, Sudarianto mengatakan bahwa program Rehabilitasi di BNN pada tahun 2020 mendapat masukan konsep baru dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat dan sekaligus mendekatkan layanan ke masyarakat, dimana masyarakat dilatih untuk menemukan pecandu di lingkungannya, jelas Sudarianto kepada cmczone.com, Selasa (25/2/2020).

Ia juga menambahkan bahwa masyarakat dapat memberikan intervensi berupa screening untuk menemukan dan mengidentifikasi pecandu berdasarkan jenis narkotika yang disalahgunakan dan tingkat kecanduan seseorang di lingkungnnya dan dapat memberikan layanan konseling dasar kepada pecandu yang ditemukan.

” Semoga upaya partisipatif dari masyarakat dapat mengurangi kebutuhan Narkotika dari pecandu dan mematikan pasar gelap Narkotika di tanah Air kita tercinta, ucapnya.

Selain itu, Ia juga menuturkan bahwa kegiatan ini akan terus berlanjut hingga tanggal 28 Februari 2020, sementara hari ini dilakukan di Balai rehabilitasi BNN Baddoka , besok akan ada agenda lagi, tutupnya (Red/***).

Komentar

Berita Lainnya