SMKN 1 Tanjabtim Berharap Hasil UNBK Lebih Bagus dari Tahun Kemarin

Tanjabtim, (cMczone.com) – Ujian Nasional saat ini sudah menggunakan komputer atau sering dikenal dengan sebutan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Oleh karena itu, demi kelancaran ujian tersebut, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) telah mempersiapkannya dari jauh hari.

“Kita berharap hasil yang kita dapat dari proses yang kita persiapkan ini akan lebih bagus dari tahun kemarin,” ujar Kepala SMKN 1 Tanjabtim, H. Joni Efriadi ketika awak media konfirmasi di ruang kerjanya, Senin (24/2/2020).

Ia mengatakan, dalam pelaksanaan UNBK di SMKN 1 Tanjabtim akan dibagi dalam tiga sesi dan memakai dua ruang kelas belajar.

Baca Juga :   Wakili Danlantamal IV, Danlanal Batam Dampingi Plt Gubernur Kepri Tinjau Kawasan Industri

“Kalau satu sesi itukan bisa sekitar 40 murid. Satu ruangan bisa sekitar 25 murid yang melaksanakan ujian,” katanya.

Kemudian, dari 467 jumlah murid SMKN 1 Tanjabtim, ada 152 murid kelas 12 yang akan mengikuti UNBK. Sedangkan sekolah memiliki 20 Personal Computer (PC) dan 10 Laptop.

“Kalau kita memiliki 20 PC dan 10 Laptop. Jadi setiap ruangan ada 30 dan sisanya untuk cadangan,” katanya.

“Komputer sebagian punya sekolah. Sebagian lagi dipinjamkan oleh wali murid, tapi kalau rusak, itu tanggung jawab sekolah,” paparnya.

Ia melanjutkan, terhitung tidak lama lagi, pada tanggal 16 Maret 2020 UNBK akan dilaksanakan. Adapun mata pelajaran yang akan diuji yakni, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Kompetensi Kejuruan.

Baca Juga :   Bus Pariwisata Terguling, 26 Orang Tewas Di Subang

Menurutnya, UNBK tahun ajaran 2019-2020 ini bukan yang pertama kali dilaksanakan pada sekolahnya. Selain memfokuskan empat mata pelajaran yang akan diuji dalam UNBK pada proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), pihaknya juga telah melaksanakan Try Out di Sekolah.

“Itu yang kita fokuskan dari tahun ajaran kemarin. Untuk empat mata pelajaran yang diujikan,” bebernya.

“Kemudian kita melaksanakan try out di sekolah, kita tetap melibatkan guru. Dari awal kami sudah melaksanakan UNBK dan ini sudah yang ke lima kalinya,” jelasnya.

Lalu Ia berharap, agar orang tua juga berperan untuk anak-anaknya, khususnya yang berada di kelas 12. Pasalnya, tanpa dukungan orang tua, program sekolah tidak akan berhasil juga.

Baca Juga :   Ditengah Pandemi Covid-19, Dibawah Pembinaan Koramil 01 Rumbai Bersama Masyarakat Kelola Ubi Kayu Menjadi Dodol

“Karena kami hanya bisa mengontrolnya saat disekolah. Kalau dirumah, itukan orang tua dan masyarakat. Dan kami berharap sekolah ini semakin hari semakin lebih baik, mulai dari kualitas sumber daya manusia hingga kualitas sarana dan prasarana sekolah,” tukasnya. (sahrul)