oleh

Perintis Jaya Jadi Tuan Rumah Untuk Bimtek IPG Meliputi Tiga Provinsi

Geragai, (cMczone.com) – Badan Restorasi Gambut (BRG) melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) penilaian fisik dan pemeliharaan Infrastruktur Pembasahan Gambut (IPG) dan Revegetasi wilayah sumatra tahun 2020 di Kelompok Tani Perintis Jaya, Desa Pandan Sejahtera Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Rabu, (26/2/2020).

Suwindo, staf BRG kepada awak media disela kegiatan mengatakan, peserta bimtek berjumlah 57 orang, meliputi pendamping dan tenaga teknis kelompok tani yang berasal dari Provinsi Riau, Sumatra Selatan dan Jambi.Kemudian, para peserta dilatih untuk menilai fisik infrastruktur pembasahan gambut yang berbentuk sumur bor dan sekat kanal.

“Pelatihan yaitu untuk penilaian rusak ringan, sedang dan rusak berat, yang bertujuan agar nantinya para peserta bimtek bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat pada kelompok tani mereka,” katanya.

Baca Juga :   Kapolri Jenguk Korban Serangan di Mapolda Riau

Lalu Ia menjelaskan fungsi utama sumur bor sendiri ialah untuk membasahi lahan gambut yang mengalami kekeringan. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan apabila terjadi kebakaran, sumur tersebut bisa dipakai untuk memadamkan kebakaran.

“Intinya sebelum terbakar bahasahin dulu. Antara jarak satu sumur ke sumur lainnya sepanjang 200 meter, sedangkan jangkauan selang, itu sampai 100 meter,” jelasnya.

Lebih jauh, Suwindo menyebut, untuk sumur bor dan sekat kanal, apabila terjadi kerusakan akan dilaporkan oleh pendamping dan tenaga teknis kelompok tani. Lalu laporan tersebut menjadi acuan pemerintah untuk turunnya dana pemeliharaan.

Sementara itu, Suwarno Ketua Kelompok Tani Perintis Jaya, mengatakan terimakasih kepada BRG yang telah melaksanakan bimtek di kawasan kelompok tani Perintis Jaya.

Baca Juga :   Dandim 0315/Bintan: Program TMMD Menonjol di Masyarakat Karena Melibatkan Rakyat

“Saya merasa bangga atas kunjungan tim BRG dan Kedeputian dua, karena untuk Provinsi Jambi, karena kelompok kami di jadikan tuan rumah, suatu kehormatan bagi perintis jaya,” ujarnya.

”Mereka ini adalah ahli dan pakarnya dalam menilai sumur bor dan sekat kanal. dengan ada Bimtek ini, kita sekarang jadi mengerti kategori tingkat kerusakannya, dan kami juga menngucapkan terima kasih kepada rekan-rekan media, karena diketahui nya oleh dunia luar, terkait program yang kita laksanan ini, berkat kerjasama dan peran andil rekan-rekan media.” pungkasnya. (7on)

Loading...

Komentar

Berita Lainnya