oleh

Akbar Purta Dalimunthe | Berikan Edukasi Pentingnya Mengenal Diri Sendiri

BEKASI – Dalam upaya memantapkan potensi diri dan pembekalan ilmu dasar melalui kegiatan seminar, Akbar Purta Dalimunthe berikan edukasi mengenai penting mengenal kelemahan diri sendiri, di Yayasan Rumah Hijrah Khodijah (RHK), Komplek Rasidence Bluebell, Bekasi, Jawa Barat, Senin (2/3/2020).

Dalam kegiatan, Akbar Purta Dalimunthe memberikan seminar dengan berjudul ” Cara Mengatasi Kelemahan Pada Diri Sendiri ” kepada peserta On Job Training (OJT) di Yayasan Rumah Hijrah Khodijah.

Dalam seminarnya Akbar mengatakan betapa penting seseorang harus mengubah keadaan diri dengan menggali potensi diri sendiri dan mengetahui apa saja kelemahan diri sendiri.

” Seseorang tidak akan mampu mengubah keadaan diri sendiri selama ia tidak mengenali dan tidak mencintai potensi dirinya sendiri. Oleh kerna itu dibutuhkan keberanian dan kemauan untuk menggali potensi-potensi yang dimiliki sebagai langkah awal untuk mengenali semua potensi yang ada, sebut Akbar kepada cmczone.com, Senin (2/3/2020).

Baca Juga :   DEWAN PERS DIGUGAT PERBUATAN MELAWAN HUKUM

Ia menjelaskan bahwa seorang harus menyadari bahwa setiap orang memiliki kelemahan, dengan demikian orang tersebut bisa mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang akan terjadi, kerna mengenal diri sendiri adalah awal dari semua kebijakan.

Ada banyak cara praktis dan efekti untuk mengatasi kekurangan itu yakni dengan cara mengubah mindset (memiliki persepsi positif), menjaga perilaku dan perkataan, hindari menyembunyikan kelemahan, jauhkan diri dari sikap manipulatif, menanggapi bully dengan santai, selalu bercemin dan rajin mengkoreksi diri serta menjalin hubungan baik kepada lebih banyak orang.

Banyak orang berpikir dan selalu beranggapan bahwa mengenal lebih banyak orang akan memberikan peluang untuk membuka jaringan yang lebih luas. Namun terkadang lupa mengenali diri sendiri sehingga potensi kelemahan tidak teridentifikasi dengan baik.Akhirnya apa yang menjadi kekuatan sulit di maksimalkan dan terkesan tertutup.

Baca Juga :   Serentak di Indonesia, Polres Tanjungpinang Bersama TNI dan Stakeholder "Semprot Masal" Cairan Disinfektan

Terkadang kita terlalu sibuk untuk bergaul dan mencari serta mengenal sebanyak-banyaknya orang disekitar kita. Sayangnya kita sering lupa dengan diri sendiri, bahkan cenderung melupakan diri sendiri.

Jadi, penting memahami potensi diri dan perlu adanya suatu perubahan pada setiap orang. Namun, harus perlu diingat adalah potensi itu bukanlah sebuah produk atau barang yang sudah jadi. Potensi atau talenta yang dapat meningkatkan kinerja (produktifitas) hidup dari hasil pengalaman belajar dan pengalaman hidup sehari-hari.

Akbar juga menambahkan, kita perlu memanfaatkan dan mengubah diri semaksimal dalam kehidupan dengan mengenal dahulu kelemahan dan mengembangkan potensi diri sendiri.

” Mulailah dari sekarang meraba-raba potensi pada diri sendiri agar kita bisa meraih harapan dan kehidupan lebih baik kedepannya, pesan Akbar.  (Red/***).

Komentar

Berita Lainnya