oleh

Ek Rudi Turnip I Pentingnya Management Recovery Addiction Dalam Pemulihan

BEKASI – Dalam upaya menjaga pemulihan Recovery Adiksi tetap kondisi abstinensia (bebas narkoba), El Rudi Turnip memberikan pemahaman mengenai Management Recovery Addiction di Yayasan Rumah Hijrah Khodijah (RHK), Komplek Rasidence Bluebell, Bekasi, Jawa Barat, Senin (2/3/2020).

Dalam kegiatan, El Rudi Turnip memberikan materi seminar dengan tema ” Management Recovery Addiction kepada peserta On Job Training (OJT) di Yayasan Rumah Hijrah Khodijah.

Dalam seminarnya Rudi mengatakan bahwa adiksi dapat merusak 5 (Lima) Aspek diantaranya fisik, mental, Emosional, Spritual dan Moral.

” Akibat dari adiksi, akan berdampak pada perubahan pikiran, perasaan dan perilaku seseorang. Sifat adiktif narkoba yang awalnya memberikan kenikmatan luar biasa bagi penggunanya malah merusak diri sendiri dan kondisi ini tidak mudah untuk dihilangkan dalam waktu singkat, ujar Rudi kepada cmczone.com, Senin (3/2/2020).

Baca Juga :   Baca Ribuan Buku Tidak Perlu Datang ke Perpus, Cukup Melalui Aplikasi “Kacapuri”

Semua tergantung jenis narkoba yang digunakan, akibatnya terjadi perubahan emosi dan perilaku yang tidak stabil, egois ingin menang sendiri, manipulatif, pembohong, tidak disiplin, serta tingkah laku antisosial lainnya. Gejala ini akan berlangsung secara kronis, artinya perjalanan penyakitnya dapat berlanjut dan semakin memburuk apabila tidak diatasi.

Hal itu yang membuat seseorang recovery addict harus bisa memahami bagaimana management recovery addiction. Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam perawatan pemulihan yakni sebagai berikut ;

Management Pola Pikir
Membawa diri lebih berfikiran dalam melakukan sesuatu atau menghadapi masalah besar atau kecil.

Management Tingkah Laku
Merubah tingkah laku yang ada pada dalam diri menjadi lebih baik.

Management Komunikasi Aktif
Bertukar perasaan atau pemikiran dan informasi dengan orang lain secara verbal atau non verbal untuk menghindari terjadinya konflik.

Baca Juga :   Penyegelan dan Pelarangan Penggunaan Rumah Ibadah, GMKI: Negara Lalai Melindungi Hak Setiap Warga Negara

Mengetahui Kelemahan Diri
Mencari tahu apa kelemahan yang ada di dalam diri kita sendiri.

Banyak orang yang berfikir bahwa perawatan tidak menunjukkan hasil,k banyak orang yang relapse (kekambuhan). Faktanya, relapse kerap menjadi bagian dari proses pemulihan dan selalu mungkin terjadi, namun dapat dilakukan perawatan dengan mengikuti langkah-langkah menejement recovery addict.

” Semakin banyak yang hal yang dipelajari tentang langkah manegement pemulihan, maka semakin efektif perawatan yang akan kita jalani, ungkap Rudi.

Ia juga berharap dengan materi yang telah di berikan kepada peserta On Jop Training bisa bermanfaat dan berguna bagi recovery addict dalam menjaga perawatan pemulihan, baik itu untuk diri sendiri dan orang lain, To be Aware to be a life, waspada selalu dalam kehidupan. tutupnya (Red/**)

Komentar

Berita Lainnya