oleh

Bupati Bintan Panen Kerapu Cantang di Mantang Besar

Bupati Bintan, Apri Sujadi, panen ikan Kerapu Cantang di Desa Mantang Besar, Senin (9/3/2020) (Dok: MC Bintan)

BINTAN, (cmczone.com) – Bupati Bintan H. Apri Sujadi bersama kelompok masyarakat, melakukan panen Kerapu Cantang di Kerambah Kelompok Masyarakat Mantang Besar, Kecamatan Mantang, Kabupaten Bintan,  Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Senin (9/3/2020). 

Budidaya ikan Kerapu Cantang ini, bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2019, yang diperuntukkan bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

“Sumbernya dari dana desa. Untuk bibit ikan dan pakannya total Rp. 73 Juta. Semua anggota kelompok memang masyarakat Mantang Besar, sebab program ini diperuntukkan bagi masyarakat desa,” ungkap Kepala Desa Mantang Lama, Syaiful.

Sementara itu, Apri Sujadi yang didampingi Ketua TP PKK Bintan Hj. Deby Maryanti, terlihat begitu semangat saat memanen ikan. Hal ini lantaran kegiatan budidaya yang meningkatkan peluang ekonomi ini sangat sejalan dengan komitmennya membangun Bintan.

Baca Juga :   Pangdam XVIII/Kasuari : Saya Prioritaskan Putra Asli Papua Bisa Jadi Prajurit Kodam XVIII/Kasuari

Tidak tanggung-tanggung, panen ikan Kerapu Cantang ini ditaksir mencapi 1 ton, yang nantinya akan dikirim kepada penampung untuk diekspor ke negara tetangga.

“Tentu kita sangat mengapresiasi, dana desa yang memang peruntukkannya bagi masyarakat desa bisa dimanfaatkan tepat sasaran. Hasilnya pun sangat memuaskan. Dengan hasil ini kita yakin bahwa hasil perikanan Bintan bisa mengambil tempat penting di pasaran internasional,” ujar Apri.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bintan, Ronny Kartika, S.STP, ketika ditemui menjelaskan, bahwa target dari setiap program yang menggunakan dana desa adalah deskripsi  yang jelas serta capaian yang terukur, menjadi indikator penting dalam pengelolaan dana desa.

Baca Juga :   PERESMIAN BHABIN KAMTIBMAS KELURAHAN PINANG KENCANA BERTEMPATAN PERUMAHAN HANG TUAH PERMAI

“Kami terus mendorong setiap desa untuk tidak berhenti berinovasi. Ciptakan berbagai program sesuai dengan potensi yang dimiliki desa. Suatu langkah yang baik, Mantang Besar dengan perairan lautnya yang menyimpan banyak kekayaan, bisa mengelola dana desa dalam mengaplikasikan penggunaan anggaran yang tepat sasaran, sekaligus menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat,” tutur Ronny.

Editor: Budi Adriansyah

Sumber: MC Bintan

Loading...

Komentar

Berita Lainnya