Antisipasi Corona, Ini Saran Dua Kader Gerindra untuk Gubernur Sumbar

WAKIL Ketua Komisi IV DPRD Sumbar, Mesra dan Anggota Komisi IX DPR RI, dr Suir Syam.

PADANG, CMCZONE.COM– Guna mengantisipasi atau mencegah indikasi penyebaran Covid-19, Fraksi Partai Gerindra DPRD Sumbar, meminta gubernur segera menerbitkan edaran untuk membatasi sementara aktivitas masyarakat di ruang publik.

“Jangan sampai masyarakat Sumbar terpapar corona, baru diambil sikap. Semestinya, gubernur segera membatasi sementara aktivitas di ruang publik. Seperti, meliburkan perkuliahan, sekolah dan semua kegiatan kantor selama dua minggu ke depan,” kata Mesra yang juga Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sumbar itu, Selasa (17/3).

Menurutnya, upaya antisipasi dengan membatasi aktivitas publik, bisa menekan penyebaran Covid-19 yang kian merebak di Indonesia. “Pak gubernur harus segera mengambil kebijakan untuk memperkecil ruang lingkup Covid-19. Kami juga meminta Gubernur untuk selalu mengupdate informasi terkait Covid-19 di Sumbar,” tegas Mesra.

Baca Juga :   Waah !! Selain Gonseng Kopi Kapolres Merangin Menikmati Secangkir Kopi Gula Aren Muara Madras Lembah Mentenang Jangkat

Lalu, ia meminta bupati/ walikota di Sumbar juga responsif atau proaktif terhadap penanganan wabah corona ini. “Sebab, ini juga untuk keselamatan masyarakat sebelum terjangkit corona di Ranah Minang,” bebernya.

“Pemerintah juga harus melakukan spraying the virus deterrent (penyemprotan) dan sterilisasi di semua bagunan gedung pemerintah, sekolah dan lingkungan kawasan pemukiman penduduk,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Mesra juga mengimbau masyarakat Sumbar untuk selalu meningkatkan kewaspadaan, namun tidak resah. “Kurangi kegiatan yang tidak bermanfaat diluar rumah. Selalu rajin olahraga, konsumsi makanan bergizi lagi sehat. Sebab, keresahan juga akan menurunkan daya tahan tubuh dan rentan diserang penyakit,” katanya.

Mesra juga berharap masyarakat untuk memperbanyak ibadah. “Takutlah pada Allah, sang khalik,” imbaunya.

Baca Juga :   KEDAPATAN NYABU,OKNUM PEJABAT ESDM KEPRI DIRINGKUS POLRES TANJUNG PINANG

Ia melanjutkan, pemerintah daerah Sumbar supaya melakukan penambahan ruang isolasi di beberapa rumah sakit yang ada di Sumbar, sebagai upaya penanganan Covid-19. “Tujuannya untuk membantu rumah sakit yang telah ditunjuk Kemenkes yakni RSUP M Djamil dan AB Sa’anin,” katanya.

Terpisah, Anggota Komisi IX DPRI, dr Suir Syam juga telah menyarankan agar Gubernur Sumatera Barat segera mengambil tindakan responsif guna membendung percepatan penyebaran virus corona di Sumbar.

“Saya kira, untuk saat ini, hal yang harus segera dilakukan adalah sementara waktu meliburkan sekolah, serta memerintahkan agar ASN bekerja dari rumah (work from home). Selain itu, pemerintah juga harus melakukan edukasi terhadap masyarakat untuk melakukan social distancing, seperti menghindari kerumunan, menjaga jarak dengan orang lain, serta mengutamakan untuk berada di rumah masing-masing,” kata Suir Syam. RYAN SYAIR