oleh

Warga Positif Corona Bertambah, Pemprov Sumbar Diminta Tegas Soal Social Distancing

-Headline-1.031 views

PADANG, CMCZONE.COM– Jumlah pasien positif virus corona atau Covid-19 di Sumatera Barat, hingga Jumat (27/3), bertambah menjadi 6 orang. Kondisi ini, oleh Anggota DPRD Sumbar, dari Partai Gerindra, Mesra, tak bisa lagi dianggap remeh.

“Ini gawat. Dalam waktu singkat saja, jumlahnya naik. Bukan tidak mungkin akan terus bertambah. Pemprov Sumbar harus benar-benar tegas soal social distancing. Tak cukup sekadar imbauan saja. Kapan perlu, siapkan perangkat dan regulasi yang pas untuk menerapkan sanksi tegas,” kata Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sumbar itu.

Mesra mengatakan, dengan kondisi telah adanya warga positif dan semakin meningkatnya penyebaran wabah virus covid 19 di Sumbar, Mesra menyebut jika ketegasan pemerintah sangat dibutuhkan. Pelaksanaan social distancing, juga harus merujuk pada pengertiannya.

Baca Juga :   Perempuan Lebih Menderita Tanpa Air

“Imbauan untuk menjauhi segala bentuk perkumpulan, jaga jarak antar manusia, dan menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak orang, sebaiknya juga dibarengi dengan aturan yang menyertainya. Harus tegas, ini poinnya,” tandas Mesra.

Begitupun terkait informasi yang berkembang, yang menyebutkan bakal adanya gelombang eksodus secara besar-besaran dari rantau dan beberapa negara tetangga, seperti Malaysia. Hal ini harus benar-benar disikapi oleh pemerintah, agar status ODP, PDP dan pasien yang dinyatakan positif, tidak terus bertambah di Sumbar.

“Keselamatan rakyat adalah segala-galanya. Ini harus benar-benar disikapi dan agar terus dipantau. Harus ada sikap dan kebijakan tegas untuk menekan arus pendatang atau perantau yang masuk ke Sumbar saat ini,” ujar Mesra.

Baca Juga :   Kak Seto Menyesalkan Tindakan Oknum Polisi , Diduga Telah Melakukan Penculikan Dan Penganiayaan Anak Dibawah Umur .

Seperti diberitakan, jumlah warga positif terinfeksi virus Corona di Sumbar sampai dengan Jumat (27/3), bertambah menjadi 6 orang. Sehari sebelumnya, 5 pasien sudah terlebih dahulu dinyatakan positif virus corona atau Covid-19.

Jauh hari sebelumnya, Anggota Komisi IX DPR RI, dr H Suir Syam juga telah menegaskan hal senada. Tindakan pencegahan yang benar menurut Suir Syam, harus segera dilakukan oleh pemerintah Sumatera Barat, tanpa terlebih dahulu menunggu konfirmasi warga positif corona.

“Saya pikir social distancing atau pembatasan sosial sangat diperlukan untuk mencegah dan membendung perluasan penyebaran covid 19 di Provinsi Sumatera Barat,” kata Suir Syam, 18 Maret lalu.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Jumat (27/3) menyebut, pasien keenam yang dinyatakan positif ialah seorang tenaga kesehatan (nakes). “Dia tengah dirawat di M Djamil. Soal riwayat perjalanannya agak sensitif,” sebut Irwan Prayitno.

Baca Juga :   Video Aksi Brutal Geng Motor Hingga Korban Tewas

Irwan mengatakan, lima orang pasien sebelumnya, satu dirawat di RSUP M Djamil Padang dan empat di Rumah Sakit Achmad Mochtar Bukittinggi. Irwan Prayitno menyebut, jumlah pasien positif berkemungkinan akan terus bertambah. “Karena ada satu yang dicek ulang,” ungkap Irwan. RYAN SYAIR

Loading...

Komentar

Berita Lainnya