Gunakan Video Conference, Dinas PMD Bintan Gelar Rapat Bersama Aparatur Desa se-Kabupaten Bintan

Bintan, (cMczone.com) – Melalui video conference, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bintan, bersama aparatur desa se-Kabupaten Bintan, melaksanakan rapat mengenai Penegasan Padat Karya Tunai Desa, Pencegahan dan Penanganan Virus Corona (Covid-19) Berskala Lokal Desa, serta Penyusunan Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja desa (APBdes) Tahun 2020.

Dalam arahannya, Bupati Bintan, H. Apri Sujadi, S.sos, melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Ronny Kartika, S.STP, memastikan, bahwa setiap aktifitas di desa tetap berpedoman pada standar protokol kesehatan.

Dan desa segera membentuk Satuan Tugas (Satgas) relawan desa untuk melawan Virus Corona (Covid-19), berikut posko kendali operasi di setiap desa. Satgas berfungsi sebagai tim pencegahan, penanganan dini dan tim penegakan hukum tingkat desa.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Dukung Penuh BRGM Restorasi Mangrove di Kepri

Sementara, posko nantinya sebagai pusat informasi dan kendali operasi, sekiranya warga butuh informasi dan penjelasan terkait hal-hal yang berhubungan dengan Covid-19, termasuk membantu memberikan rujukan dan penanganan sekiranya ada warga yang terindikasi gejala maupun dalam status Orang Dalam Pengawasan (ODP) atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Bila positif, kita rujuk ke rumah sakit rujukan, dan Satgas yang akan menghantar,” ujar Ronny pada cMczone.com, Senin (6/4/2020).

Satgas ini terdiri dari gabungan aparatur desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), bidan desa, RT/RW, Kelompok Masyarakat (Pokmas), pemuda, pendamping desa, serta bermitra dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

“Secara teknis tugas mereka nanti, kita akan buatkan Surat Edaran. Selanjutnya, kita bahas persiapan pergeseran anggaran tanggap darurat desa, untuk membackup tim gugus kabupaten,” ungkap Ronny.

Baca Juga :   Miris....Terbentang Kabel Listrik Teganggan Tinggi Milik PLN Gunakan Penyanggah Kayu dan Pohon  

Ronny menambahkan, bahwa anggarannya bersumber dari APBdes, peruntukannya untuk sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pembelian masker, hand sanitizer, disinfektan, spayer serta Alat Pelindung Diri (APD) dan operasional posko kendali, serta kebutuhan lainnya, dan dukungan untuk kegiatan Padat Karya Tunai Desa.

Editor: Budi Adriansyah