Balimau Kasai Menyambut Ramadhan Dibatalkan Akibat Pandemi Virus Corona

BANGKINANG – Mendekati datangnya bulan suci Ramadhan, pandemi virus Corona membuat banyak hal yang terhenti, Selasa, 14 April 2020

Salah satunya budaya Balimau Kasai yang diadakan setiap tahunnya yang harus ditiadakan pada Ramadhan 1435 H.

Menyikapi peniadaan acara rutin ini, dibenarkan oleh ketua pelaksana Balimau Kasai yang sekaligus menjabat sebagai Ketua PK Golkar Kecamatan Kampar, Firdaus, S.Hi.

“Menurut aturan pemerintah daerah Kabupaten Kampar mengenai upaya memutus rantai penyebaran virus Corona, untuk itu pelaksanaan Balimau Kasai tahun 2020 atau 1435 H ditiadakan”, tuturnya ketika dikonfirmasi.

Firdaus juga mengungkapkan, untuk pelaksanaan Balimau Kasai tahun ini, Desa Batu Belah setiap tahunnya tetap diamanahkan sebagai pelaksana. Namun karena Wabah Covid 19, ini ditiadakan.

Baca Juga :   Terbukti Berbuat Nyata untuk Sumbar, Dukungan Untuk Mulyadi Terus Mengalir.

“Pada balimau Kasai tahun ini, Batu Belah masih sebagai pelaksananya. Namun karena wabah Covid 19, acara Balimau tahun ini dibatalkan”, tambahnya.

“Kepada masyarakat Kabupaten Kampar, saya ingatkan bahwa, dengan tiadanya Balimau Kasai ini bukan berarti malah mengurangi keimanan kita dalam melaksanakan ibadah di Bulan Suci Ramadhan 1435 H kali ini”, tuturnya.

“Semoga dengan cobaan yang tengah kita hadapi ini, justru semakin meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT serta menjadikan ibadah Ramadhan kita semakin bernilai ibadah di hadapan-Nya. Sekalipun ibadah Qiyamullail kita laksanakan di rumah”, himbaunya kepada masyarakat.

“Dan mari kita sama-sama berminajad kepada Allah SWT, agar wabah Corona ini segera berlalu. Sehingga kita semua dapat menjalankan kegiatan seperti biasanya”, tutupnya.

Baca Juga :   Gelar Sertijab, Begini Kata Kadiskes Kampar

***(Ravi)