oleh

Antisipasi Dampak Akibat Covid-19, Polres Tanjungpinang Gelar TFG

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan berbagai kebijakan yang dikeluarkan sebagai langkah pencegahan penyebarannya, sedikit banyak akan menimbulkan persoalan-persoalan di tengah kehidupan masyarakat. 

Pembatasan ruang gerak, tutup atau tidak beroperasinya berbagai tempat atau fasilitas umum dan lain sebagainya, kemungkinan akan berpengaruh pada kondisi ekonomi dan sosial masyarakat.

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, dituntut mampu mengantisipasi dampak yang mungkin akan terjadi.

Untuk itu perlu dipersiapkan rencana kontijensi (keadaan yang masih diliputi ketidakpastian dan berada di luar jangkauan).

Menyikapi hal tersebut, Kepolisian Resor (Polres) Tanjungpinang, menggelar Tactical Floor Game (TFG) bertempat di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Polres Tanjungpinang, Sabtu (18/4/2020).

Baca Juga :   Sertijab Kadispora Kampar Digelar Sederhana, Penuh Pesan Motivasi

Dipimpin Wakapolres Tanjungpinang, Kompol Agung Gima Sunarya, SIK, bersama Kabag Ops, Kompol Very Edulfandria Noor, TFG diikuti seluruh Kasatker tiap fungsi yang merupakan gabungan 4 Satgas, yaitu Satgas Deteksi, Satgas Pencegahan, Satgas Penindakan dan Satgas Ban Ops.

Setiap Satgas memaparkan langsung kesiapan dan cara bertindak di lapangan, apabila mengalami situasi konflik atau chaos. Koordinasi, komunikasi dan saling bertukar informasi dilakukan, sehingga terbentuk suatu strategi ampuh dalam mengatasi setiap persoalan yang terjadi.

TFG juga disertai simulasi kejadian, sehingga dari kejadian tersebut dapat diambil langkah-langkah tepat untuk mengatasinya.

Gima menyampaikan, bahwa pelaksanaan TFG ini, bukti kesiapan Polri dalam hal ini Polres Tanjungpinang, dalam mengantisipasi segala bentuk konflik yang akan terjadi, agar seluruh Kasatker dan Satgas dapat memahami tugas pokok, fungsi serta tanggung jawabnya masing-masing dalam menghadapi situasi-situasi insidentil.

Baca Juga :   Wali Feri,Passion Penjelajah Yang Tak Terjajah.

“Koordinasi dan komunikasi dilakukan baik internal maupun antar instansi vertikal, guna menciptakan kekuatan dan kesolidan, sehingga segala persoalan dapat dinetralisir dengan baik,” ujar Gima.

Editor: Budi Adriansyah | Sumber: hms Polres Tanjungpinang

Komentar

Berita Lainnya