Melalui Vicon, Danlantamal IV Saksikan Pembacaan Taklimat Awal Wasrik

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV, Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, SE, MAP, melalui Video Conference (Vicon) di Ruang Rapat Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Jalan Yos Sudarso, No.1, Batu Hitam, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), menyaksikan pembacaan Taklimat Awal Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) oleh Inspektur Jenderal (Irjen) TNI, Letnan Jenderal TNI Muhammad Herindra, MA, M.Sc,  Jumat (24/4/2020).

Dalam Taklimat Awalnya, Herindra, mengatakan, bahwa sehubungan dengan adanya wabah pandemi Virus Corona (Covid-19) yang masih terjadi di seluruh wilayah Indonesia, sesuai dengan anjuran pemerintah dan TNI, untuk selalu melaksanakan social distancing dan fisical distancing.

Baca Juga :   Babinsa Koramil 04/Jebres Kodim 0735 Sambangi Prosesi Pemakaman Warga

“Maka, kegiatan unit kinerja Itjen TNI pada periode II, akan sedikit berbeda dengan pelaksanaan audit sebelumnya,” ungkap Herindra.

Untuk kegiatan pemeriksaan, akan digunakan sistem jarak jauh melalui Vicon.

“Kita berharap, dengan kondisi ini tidak mengurangi makna dan kualitas yang menjadi tugas pokok Itjen TNI,” ujar Herindra.

TNI berkewajiban untuk menyelenggarakan pengawasan intern, guna memberikan keyakinan dan mewadahi penggunaan kekuatan TNI, serta pemeliharaan kesiapsiagaan operasional dengan prinsip Kepatuhan, Ketertiban, Efektif, Efisien dan Ekonomis (2K3E).

 Sebelum mengakiri pembacaan Taklimat Awalnya, Herindra memberikan beberapa penekanan diantaranya, bahwa seluruh Satuan Kerja (Satker), agar memberikan data, informasi serta penjelasan sesuai dengan yang dibutuhkan auditor atau Perwira Pemeriksa (Parik).

Baca Juga :   Wadanlantamal IV Tutup Kegiatan Uji Terampil Glagaspur

“Dan untuk menjaga obyektifitas audit, agar seluruh entitas menghindari gratifikasi, sehingga mekanisme audit dapat berjalan sesuai ketentuan,” tutup Herindra.

Pelaksanaan Wasrik Kinerja Itjen TNI periode II TA 2020, dimulai dari tanggal 24 April sampai dengan tanggal 20 Mei 2020, yang diikuti seluruh Kodam, Korem, Lantamal, Lanal, Lanud dan Satker jajaran TNI yang berada di wilayah Sumbagut, Sumbagsel, Sulsel, Kendari dan Maluku.

Hadir dalam kegiatan Vicon tersebut, Wadanlantamal IV, Kolonel Laut (P) DR. Imam Teguh Santoso, ST, M.Si, dan Pejabat Utama Lantamal IV.

Editor: Budi Adriansyah | Sumber: Dispen Lantamal IV