oleh

Elly Thrisyanti: Semua Pihak Harus Kawal Penyaluran Bantuan Covid-19

PADANG, CMCZONE.COM— Jajaran Komisi 1 DPRD Kota Padang melakukan kunjungan kerja ke sejumlah kecamatan di Kota Padang sepanjang, Selasa (5/5). Kunjungan tersebut merupakan bentuk support dari dewan kepada pemerintah agar penanganan pandemi corona (Covid-19) yang tengah melanda Kota Padang bisa cepat teratasi.

Pada kesempatan itu, Ketua Komisi I DPRD Kota Padang, Elly Thrisyanti, juga meminta Babinsa, Babinkamtibmas dan semua pihak, untuk ikut aktif dalam mengawal pendistribusian bantuan kepada masyarakat penerima. Baik dari lembaga zakat, sosial, maupun bansos dari pemerintah nantinya.

“Ini karena bantuan yang turun bukan saja dari pemerintah, serta datanya bukan berasal dari Basis Data Terpadu (BDT). Jadi aparat kami minta ikut mengawal penyaluran bantuan, sebab penerimanya tak banyak. Apalagi bantuan dari pemerintah juga belum cair,” ujarnya.

Baca Juga :   Forum Pers Indenpendent Indonesia (FPII) Kabupaten OKU Selatan Gelar Rapat Kordinasi Perdana

Pengawalan itu dilaksanakan, untuk menghindari pro dan kontra pada warga terutama yang belum dapat jatah bantuan. “Saat ini, kami ketahui lembaga zakat serentak turun menyalurkan bantuan per Kecamatan untuk warga dengan kriteria penerima tidak masuk dalam PKH dan jumlah sembako yang disalurkan tak banyak. Untuk keamanan, perlu sinergisitas semua elemen,” ucapnya.

Kemudian, pada RW, RT yang mengusulkan nama penerima bantuan, haruslah transparan dan tak memihak. Supaya, warga lain tak menuntut nantinya dan keributan tak terjadi. “Perangkat bawah harus kirim data yang valid dan yang butuh bantuan. Camat diminta menekankan pada RW, RT untuk bekerja dengan baik dan mengirim data yang tepat. Jangan orang yang ekonomi mampu di masukkan juga,” tandasnya.

Baca Juga :   Kapolres Kampar Besuk Korban Insiden Pecahnya Lelo.

Tegas Soal PSBB

Selain itu, Elly juga mengatakan agar aturan PSBB perlu dipatuhi, seperti saat mengumpulkan orang ke suatu tempat untuk mengambil bantuan dari berbagai pihak. “Jangan menumpuk warga di suatu lokasi atau kantor lurah. Jika ada bantuan, lebih baik antar ke alamat masing-masing,” ucapnya.

Di sisi lain, Elly juga menyayangkan realita yang terjadi di lapangan sepanjang penerapan PSBB di Kota Padang. “Kami melihat realita yang terjadi di lapangan, masih banyak masyarakat yang tidak mematuhi himbauan pemerintah dan Standar Operasional Pelaksana (SOP) pun tidak berjalan dengan baik,” katanya.

Selaku wakil rakyat, Kader Gerindra Kota Padang ini menghimbau seluruh masyarakat untuk menjalankan intruksi pemerintah untuk melaksanakan penerapan PSBB untuk kebaikan bersama.

Baca Juga :   "Perang" Melawan Covid-19, Menkes Setujui PSBB di Kota Pekanbaru

“Kepada pemerintah, agar lebih tegas untuk menjalankan PSBB, apalagi juga sudah diperpanjang. Karena aturannya yang jelas, pemerintah tak usah takut menjalankannya,” pinta Elly.

Camat Nanggalo, Fuji Astomi yang dihubungi terpisah, mengaku siap bekerjasama dengan aparat dalam penyaluran bantuan yang turun dari berbagai pihak. Ini katanya, tak lain demi menciptakan keamanan dan menghindari kecemburuan sosial bagi warga yang belum menerima bantuan. “Kami, telah koordinasi dengan Babinsa dan Babinkamtibmas dalam pendistribusian sembako,” ucapnya. MARLIM

Loading...

Komentar

Berita Lainnya