oleh

Peran Pemuda Di Tengah Pandemi

Sungai geringging.(cMczone.com)Posisi pemuda dan mahasiswa merupakan salah satu unsur penting dalam masyarakat karena mereka telah di anggap sebagai agent of change. Hal ini tentunya harus menjadi sebuah peran, karena mahasiswa dan pemuda tidak hanya dianggap sebagai orang yang sedang menempuh pendidikan di suatu perguruan tinggi tetapi juga sebagai wadah pemberi solusi bagi berbagai permasalahan yang timbul dalam kehidupan bermasyarakat.

Sangatlah tepat jika ada yang mengatakan bahwa mahasiswa dan pemuda memiliki posisi central ditengah masyarakat. Sebagai golongan terdidik, mahasiswa dan pemuda memiliki kelebihan dan potensi tertentu yang sedikit berbeda, terutama dalam hal perjuangan serta konstribusinya dalam kemasyarakatan. Selain itu mahasiswa dan pemuda juga termasuk dalam golongan idealis yang memiliki keyakinan dan pemikiran yang belum terpengaruh oleh urusan partai politik, organisasi masyarakat, maupun urusan urusan lainnya.

Baca Juga :   510 Ekor Burung Kacer Ilegal Diamankan Satgas Yonmek 643 di Entikong

Sudah seharusnya para mahasiswa dan pemuda sama-sama bergerak dan memainkan perannya ditengah masyarakat. Apalagi dalam kondisi pandemi covid-19 saat ini, yang mana masyarakat membutuhkan gerakan-gerakan kemanusiaan sebagai solusi dalam mengahadapi wabah yang kian menggila.

Walaupun terdapat perbedaan latar belakang pendidikan, perbedaan organisasi yang menjadi himpunan, dan berbeda dalam jalan pemikiran seharusnya harus disingkirkan demi terwujudnya gerak yang dinamis dan membuktikan bahwa mahasiswa dan pemuda memanglah sebenar-benarnya agent of change ditengah masyarakat.

Sebagai animal rationale yaitu makhluk yang memiliki kemampuan berfikir, mestinya kesadaran dalam berbuat hadir secara alamiah dan menjadi sebuah tantangan jika tidak dilakukan. Dari sana beberapa pertanyaan sederhana akan bermunculan misalnya, bila para pejuang kebangsaaan terdahulu dalam berjuang tak mengenal identitas, mengapa hari ini identitas menjadi teramat penting? Lalu, bila dahulu perjuangan kemerdekaan atas dasar nilai-nilai kemanusiaan, mengapa hari ini didalam situasi krisis itu tidak digalakkan?

Baca Juga :   BEM UNILAK Jaya Dan HMI Cabang Pekanbaru Sinergi Dengan LANUD Roesmin Nurjadin Dalam Penyemprotan Disinfektan

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, mahasiswa dan pemuda sebenarnya sudah mendapatkan jawabannya. Dengan sama-sama bergerak untuk berdampak, berkolaborasi, dan beraksi, serta menghadirkan rasa saling berbagi ditengah-tengah masyarakat adalah sebuah hakikat sejati yang menjadi salah satu solusi.

-Abdurrahman Ahady / Suger Bergerak

Loading...

Komentar

Berita Lainnya