oleh

Tidak Tepat Sasaran, Pembagian BLT DD Sendayan, Disebut Tidak Melibatkan RT Setempat ?

-Headline-267 views

Kampar, (cMczone.com) – Data Kepala Keluarga (KK) Penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT) DD di Desa Sendayan, Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar -Riau, dipertanyakan dan diduga dibagikan syarat akan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), Pasalnya pembagian BLT DD tersebut sebagian besar merupakan warga dengan tingkat ekonomi mampu. Dalam pendataan tersebut tidak melibatkan Ketua RT setempat, yang mengetahui situasi warga, pendataan hanya dilakukan oleh Kepala Dusun, seperti ” menembak diatas kuda” hal itu dikatakan oleh beberapa warga Desa kepada awak media, pada Rabu (20/5/2020).

Ironisnya lagi undangan bagi penerima BLT DD dibagi kepada warga terkesan gelap – gelapan, karena menurut warga Idris selaku Kepala Dusun II Desa Sendayan membagikan saat malam hari terkesan juga tidak terang – terangan, sehingga patut diduga disengaja oleh oknum Kadus guna memilih dan mengutamakan orang – orang tertentu.

Selain itu juga diperoleh Informasi dari salah seorang Ketua RT, bahwa dalam pendataan tersebut, tidak melibatkan 4 orang RT dan 2 orang RW di Dusun II Desa Sendayan.

Baca Juga :   WARGA NAGARI SUPAYANG GERAH, PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN DIDUGA BERMASALAH

” Kami tidak dihargai, sepertinya Jabatan kami sebagai RT ini hanya dianggap sebagai pajangan saja “kata salah seorang RT yang tidak di Publikasikan namanya.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa sekarang ini kami yang jadi sasaran oleh warga, dikira kami yang memanipulasi data padahal kami tidak tahu, tentang data BLT DD tersebut,ujarnya.

Dikonfirmasi Pj. Desa Sendayan Jamilus mengatakan, semua sudah dilakukan sesuai aturan, dan tidak ada RT yang tidak dilibatkan, jika ada yang dapat bantuan mempunyai mobil itu diluar jangkauan,kata Jamilus.

Lebih lanjut diungkapkan Jamilus, sejak awal saya sudah berkali – kali memperingatkan Tim Relawan Covid -19 Desa, agar benar – benar bekerja sesuai aturan yang ada, agar tidak permasalahan yang timbul dikemudian hari,ungkapnya tegas.

Sementara itu dikutip dari Kamparkab.go.id dengan judul : Serahkan BLT-DD, Bupati Kampar : Pastikan Dana ini Tepat Sasaran

Baca Juga :   PLT Kadiskes Pekanbaru , Selama Libur Lebaran Operasikan Lima Puskesmas Buka 24 Jam .

Akibat Pendemi Covid – 19 yang melanda Negeri kita, banyak dampak yang di rasakan masyarakat terutama terkait perekonomian masyarakat oleh karena itu Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto SH menyerahkan pencairan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada masyarakat Desa Laboy Jaya, Selasa (12/05/2020).

Saat memberikan arahan Bupati Kampar sampaikan kepada seluruh Kepala Desa agar Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ini benar-benar sesuai dengan kriteria penerima atau tepat sasaran.

Bantuan Langsung Tunai ini diberikan kepada Warga miskin yang belum menerima PKH, Warga yang belum menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT),kata Bupati.

Bupati juga mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Kampar akan terus berupaya memberikan bantuan kepada masyarakat/warga tidak mampu akibat Pendemi Virus Covid ’19 .

30 Ribu keluarga (KK ) yang akan menerima bantuan, dengan jumlah Rp.600 per Keluarga dan akan diberikan selama Tiga Bulan terhitung dari Bulan April sampai Bulan Juni, dengan begitu ini menunjukkan bahwa 50 Persen lebih nantinya keluarga yang akan menerima Bantuan ini di Kabupaten Kampar.

Baca Juga :   Ditengah Gencarnya Wabah Covid-19, Korcab IV DJA I Berbagi Masker Buatan Sendiri

“Bantuan tersebut diatur oleh Desa dengan diarahkan kepada penerima yang tidak pernah menerima bantuan dari Pemerintah baik Pemerintah Pusat, Provinsi, maupun dari Kabupaten. Hal itu meminimalisir adanya bantuan ganda dari pemerintah.

Bupati berharap bantuan yang diberikan selama tiga bulan dimulai bulan April hingga bulan Juni tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik yakni untuk membeli makanan yang bergizi dan sehat.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Febrinaldi Tridarmawan S.STP M.Si menambahkan bahwa saat ini sudah 131 Desa yang telah mencairkan Dana Desa untuk Bantuan Langsung Tunai dari 250 Desa/Kelurahan yang ada di Kabupaten dan setiap desa akan segera menyerahkan bantuan ini langsung kepada masyarakat untuk dapat segera dimanfaatkan.

Acara ini juga dihadiri oleh Kapoles Kampar M.Kholid, SIK, Wakil Ketua DPRD Kampar Repol, S.Ag, Kepala OPD terkait, Camat, Kades Laboy Jaya.****(PPC/Redi).

Loading...

Komentar

Berita Lainnya