oleh

Waw, Warga Satu RT di Padang Panjang Ini Terima Parsel Lebaran

-Headline-2.461 views

PADANGPANJANG, CMCZONE.COM— Ada banyak cara yang dilakukan warga sebagai wujud kepedulian terhadap sesama, terutama di tengah pandemi Corona yang tengah melanda. Seperti yang dilakukan warga RT 1 Kel. Tanah Hitam, Padang Panjang Barat Kota Padang Panjang, yang membagi-bagikan “parsel lebaran” kepada seluruh warganya.

“Tradisi ini sebenarnya sudah berjalan sejak 2013 lalu, dilaksanakan di setiap momen lebaran. Paket dibagikan kepada seluruh warga di lingkungan RT 1. Kebetulan Ramadan dan lebaran tahun bertepatan dengan mewabahnya Covid-19. Jadi ini adalah kesempatan untuk terus dan terus berbagi,” kata Ketua RT 1 Tanah Hitam, Syahrul, S.Pd, Rabu (20/5).

KETUA RT 1 Tanah Hitam Padang Panjang Barat, Syahrul, saat menyerahkan langsung bantuan paket lebaran kepada warganya, Rabu (20/5).

Dikatakan Syahrul, adapun parsel (bingkisan lebaran” dalam bentuk sembako yang dibagi-bagikan kepada warga tersebut, antara lain berisikan telur ayam, minyak goreng, gula dan teh celup. Donasi dihimpun dari para donatur, dengan dibantu perangkat RT dan warga masyarakat peduli lainnya.

Baca Juga :   Natuna, Dilema Harga Ikan Tidak Stabil

“Ada sekitar 85 rumah tangga di RT 1 ini. Kita tidak pilih-pilih dalam penyaluran, semuanya dapat. Bahkan kita juga siagakan 10 paket, untuk jaga-jaga jika nanti ada warga tetangga yang datang dan sangat membutuhkan,” kata Syahrul didampingi tokoh masyarakat setempat, H. Erlis.

Terpisah, Ketua DPC LPM Kecamatan Padang Panjang Barat, Masri Edwar, mengapresiasi aksi dan tradisi yang telah lama dilakukan warga RT 1 Tanah Hitam itu. Masri menyebut, apa yang dilakukan warga RT 1 Tanah Hitam adalah salah satu bukti jika pemberdayaan masyarakat menjadi tumpuan harapan dalam menangani berbagai persoalan ditengah-tengah warga.

PENYALURAN paket lebaran juga dibantu perangkat dan warga RT 1 tanah Hitam lainnya. IST

“Apalagi dalam penanganan wabah pandemi Covid-19, yang tentunya tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah semata, melainkan juga menjadi tanggungjawab semua pemangku kepentingan. Termasuk LPM di dalamnya dan masyarakat secara keseluruhan. Apa yang hari ini dilakukan RT 1 Tanah Hitam, semoga bisa menjadi contoh bagi RT-RT lainnya,” pungkas Masri.

Baca Juga :   Kecamatan Belakangpadang Akan Gelar Shalat Minta Hujan

Sekaitan masa yang panjang dalam upaya percepatan penanganan Covid-19, sekaligus guna mengatasi dampak yang memapar berbagai sendi kehidupan masyarakat, Masri juga meminta pemerintah daerah untuk dapat mengajak, merangkul dan memfungsikan seluruh elemen dan stakeholder yang ada, termasuk LPM sendiri sebagai sebuah wadah yang dibentuk langsung atas prakarsa masyarakat.

“Mari kita duduk bersama guna menyelesaikan masalah yang kita hadapi ini. Saling memberikan pemikiran dan berbagi informasi, saling bahu-membahu dalam membangkitkan serta mendorong partisipasi dan pemberdayaan masyarakat. Sehingga kita bisa keluar dan menyelesaikan penanganan pandemi Covid-19 ini,” ujar Masri. BIMA SAKTI

Loading...

Komentar

Berita Lainnya