oleh

Rusdi Bromi (Owner Okmart.id): Walau Covid 19 Menjadi Pandemi, Mimpi Harus Tetap Diperjuangkan

Pekanbaru,(cMczone.com) – Ditengah Kondisi Global yang tergoncang oleh Pandemi Covid 19 yang juga menghantam Indonesia, dimana masyarakat harus mengurangi aktivitas diluar rumah, mengingat upaya pencegahan penyebaran Virus Corona yang dengan cepat mendunia namun tidak seharusnya aktivitas berhenti.

Kondisi tersebut yang mendorong Rusdi Bromi Owner Okmart.id yang saat ini tercatat masih aktif sebagai Mahasiswa disalah satu perguruan tinggi di Pekanbaru untuk mengikuti perkembangan terkini.

“Saya sudah lama memikirkan untuk terjun di Bisnis Online, tapi kalau terus berpikir dan merencanakan tanpa aksi dan memulainya maka kita akan semakin tertinggal”, ungkapnya ketika diwawancarai oleh salah satu media di Pekanbaru.

“Perjuangan serta terobosan demi terobosan harus tetap dilakukan selaras dengan kondisi terkini. salah satunya yang disarankan Pemerintah yaitu Work From Home (WFH). Menciptakan peluang bisnis ataupun Menjalankan bisnis perlu perencanaan tepat. Anda harus menentukan bisnis apa yang ingin dijalankan, lalu mempelajari peluang usaha bisnis tersebut. Selain itu, Anda juga perlu memahami kemampuan Anda dalam menjalankannya” tambah Rusdi Bromi.

Saat ditanya berapa modal yang harus dikeluarkan untuk memulai bisnis Online tersebut, Romi sapaan akrab Rusdi Bromi menjawab “Dalam memulai Bisnis apapun modal yang pertama adalah kemauan dilanjutkan dengan perencanaan serta pahami usaha yang akan dijalankan” papar Romi.

Baca Juga :  

Jurnalis : “apakah anda sudah memahami bisnis yang anda jalankan?”

Romi      : “menurut saya kalau harus benar benar memahami mungkin butuh waktu lama dan kita juga pasti akan semakin terlambat untuk memulainya, jadi sedikit mengerti ya mulai saja, dalam perjalanannya kita terus dalami Bisnis yang kita jalankan”.

Jurnalis : “Kalau anda belum benar benar paham, apakah anda tidak takut sekiranya nanti mengalami kegagalan?”

Romi      : “Lakukan saja dengan sebaik baiknya serta semaksimalnya, Jika gagal ya ulangi lagi karena itu pilihan yang bijak. Tidak ada kata keberhasilan tanpa kegagalan. Jadi Gagal dan berhasil itu sebuah konsekwensi dan bukan pilihan”.

Jurnalis : “Anda belum menjawab, berapa Modal anda untuk memulai Bisnis ini?”

Romi      : “Modal saya ada 4. Pertama kemauan dan Ide yang terencana, kedua semangat dan kerja keras, ketiga percaya diri serta membangun kepercayaan baik itu kepercayaan pelanggan maupun kepercayaan Relasi Bisnis, keempat mimpi yang besar, menurut saya itu modal utama dalam memulai Bisnis”.

Jurnalis : “Mengapa anda memilih Bisnis Online?”

Romi      : “Saya sudah menggeluti beberapa Usaha namun gagal dan mungkin akan saya ulangi lagi, namun untuk saat ini saya merasa Bisnis Online yang mungkin lebih berpeluang yang namanya Okmart.id“.

Baca Juga :   Plh Bupati Kampar Resmi Buka TTMD ke-105 Wilayah Korem 031/WB

Alasannya, bisnis pribadi memang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Faktanya, hampir 54% pebisnis mengaku pendapatannya meningkat.

Selain itu, sebanyak 26% pebisnis tersebut ingin mendapatkan kebebasan dalam menjalankan usahanya sendiri. Tentu, dengan tujuan untuk terus membangunnya menjadi lebih baik. Namun, hal tersebut tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Romi menambahkan,” Untuk memulai bisnis yang menghasilkan, ada beberapa tips yang bisa Anda coba,Ikuti Passion Anda. Menjalankan bisnis sesuai dengan passion membuat Anda tidak gampang menyerah. Alasannya, Anda akan sangat mencintai pekerjaan tersebut. Berbagai tantangan yang muncul akan Anda hadapi dengan tenang dan fokus. Bisnis yang Anda jalankan pun bisa berangkat dari hal yang Anda sukai, seperti traveling, camping, dan lainnya. Sudah banyak contoh sukses bisnis yang berangkat dari hobi.

“Online”. Untuk membantu bisnis Anda tumbuh dengan pesat, manfaatkanlah kecanggihan teknologi. Ya, online memang salah satu pilihan. Bisnis yang online akan menjangkau pasar yang lebih luas tanpa terbatas waktu dan lokasi. Potensi keuntungannya pun cukup besar. Faktanya, transaksi e-commerce di Indonesia tahun ini saja mencapai Rp 13 Triliun/bulan. Fantastis bukan?”

“Bisnis yang ditunjang hadirnya sebuah website toko online akan mampu menarik lebih banyak calon konsumen. Apalagi jika didukung dengan kemudahan bagi konsumen menemukan bisnis Anda, seperti mendaftarkannya ke google bisnisku. Hasil yang diraih tentu akan lebih optimal, bukan?”

Baca Juga :   Pemerintah Resmi Menaikkan Iuran BPJS Kesehatan Mulai Hari Ini

“Kenali Persaingan. Memiliki produk yang bagus tidak begitu saja menjamin kesuksesan bisnis Anda. Salah satu faktornya adalah hadirnya persaingan usaha yang ketat”, papar Romi panjang lebar.

“jadi Para pelaku UMKM dan usaha rumahan yang ingin memasarkan Produknya boleh bergabung bersama kami di Okmart.id, karna salah satu tujuan saya ingin membantu para pelaku UMKM ataupun usaha rumahan dalam memasarkan produk mereka yang aplikasinya di juga sudah adadi Playstore silahkan klik https://play.google.com/store/apps/details?id=com.okmart.online“tambah Romi.

Seringkali Anda harus “berbagi kue” dengan kompetitor dan menerapkan strategi perang harga yang cukup sengit. Bagi pebisnis, kondisi ini tentu kurang menguntungkan, namun jangan khawatir dan anggap saja pesaing tersebut cara ampuh agar kita terus meningkatkan kualitas produk dan pelayanan kita.

Solusi untuk hal ini adalah melakukan riset pasar atas peluang usaha yang ingin Anda jalankan. Selain itu, Anda juga bisa mencari niche (lingkup bisnis) yang masih belum banyak digarap oleh pebisnis lain. Selamat mencoba

 

Komentar

Berita Lainnya