oleh

Diduga Salah Perencanaan, Pembangunan Drainase Desa Simpang Petai Dikeluhkan Warga

Keterangan Foto : Pj. Kades Simpang Petai H. Saleh dan Kondisi Drainase yang dikeluhkan Warga Saat Hujan

Kampar, (cMczone.com) – Drainase di RT 06/RW 03 Dusun 3 Kubucubadak, Desa Simpang Petai Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar- Riau, dikeluhkan warga. Diduga akibat salah perencanaan, pembangunan drainase yang semestinya mengatasi masalah air banjir, kini malah menjadi masalah baru buat warga sekitar.

Ironis lagi disaat Hujan turun, drainase tersebut bukannya membawa dampak baik bagi masyarakat, justru membawa dampak buruk, dimana air hujan yang mengalir justru memenuhi pekarangan rumah warga. Padahal drainase sudah dibangun, namun perencanaan yang diduga amburadul sehingga tidak bermamfaat semestinya.

“Kami sangat mengeluhkan sekali, dengan drainase yang dibangun pihak Pemerintahan Desa Simpang Petai, seharusnya pembangunan drainase itu membawa dampak baik bagi masyarakat, namun ini justru sebaliknya. Kami harap, pihak Desa melakukan perbaikan terhadap pekerjaan drainase ini,” ujar warga setempat yang tidak mau disebutkan namanya pada Rabu (1/7/2020) kepada awak media.

Baca Juga :   Sekda Lakukan Sidak Pasca Libur Tahun Baru 2020, Begini Kehadiran ASN Kampar

Juga dikatakannya, jika pekerjaan drainase tidak berfungsi kami selaku warga tidak terima, untuk apa dibangun drainase kalau hanya menyebabkan banjir dan sarang nyamuk saja, memang awalnya pembangunan drainase letaknya tidak disini, karena pada titik awal yang punya tanah tidak mau dibangun drainase maka pihak pemborong dan juga pihak Desa meminta izin kepada kami, untuk meminta izin membangun drainase disini, karena niatnya baik saya menyetujuinya, cuma bayangan saya pembangunan bukan seperti ini, kalau seperti ini tentunya tidak berfungsi, dan hal ini sudah kami sampaikan ke Pihak Desa walaupun belum ada solusi dan katanya nanti akan di tinjau oleh pemerintah, ujar warga tersebut.

Baca Juga :   LSM Lira Kampar Desak Pemerintah Berikan Sanksi Tegas Kepada Kades Terkena OTT

Imbuhnya lagi, kami minta kepada pihak Desa agar ini diperbaiki, jangan hanya membangun namun tidak dimulai dengan perencanaan yang matang, harapnya.

Sementara itu Pj. Kepala Desa Simpang Petai H. Saleh pada Kamis (2/7/2020) melalui seluler saat ditelpon awak media mengatakan,” masalah drainase ini memang pembangunannya belum kita lanjutkan untuk alirannya, kalau masalah aliran air memang belum mengalir sepenuhnya karena drainase ini terputus, kalau untuk mengakali masalah air banjir bisa saja dikasih lobang aja drainasenya,”beber H. Saleh.

Lebih lanjut dikatakan Saleh bahwa Pembangunan drainase tersebut bukan waktu saya menjabat, pembangunannya zaman Alm. Kepala Desa lama, karena itu saya agak sulit untuk mengambil kebijakan, kalau mau tau informasinya silahkan tanyakan langsung ke Sekdes,” sebut Pj. Kades.

Baca Juga :   Forum Kontraktor Kampar Laksanakan Dialog dan Diskusi Bersama Komisi IV DPRD Kampar

Saat diajak jumpa untuk konfirmasi lebih lanjut Pj. Kades menyampaikan bahwa lagi di Kecamatan Kampa.

” Saya lagi ada urusan di Bank di Kecamatan Kampa, ditakutkannya agak lama urusan saya,”tutupnya.***(Tim/Red).

Komentar

Berita Lainnya