oleh

Bikin Heboh, Ternyata Inilah Sumber Suara Misterius di Kampar ?

-Headline-1.283 views

Keterangan Foto ; Ilustrasi/Net

Kampar, (cMczone.com) – Warga Kabupaten Kampar -Riau, sempat dihebohkan dengan adanya suara misterius meletus. Kejadian berlangsung pada Selasa (21/7/2020).

Suara misterius, terdengar sejak kisaran Pukul 10.30 WIB. Warga yang sempat mendengar sempat bingung dan bertanya – tanya dari mana datangnya sumber suara. Lantas suara apa itu?

Dikutip dari liputan6.com Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Marsma Hendri Alfiandi menegaskan suara yang mirip ledakan bom atau pesawat jatuh itu merupakan dentuman sonik atau sonic boom dari Pesawat F-16.

Dia menjelaskan, tadi pagi ada sebuah Pesawat F-16 dari Lanud Roesmin terbang. Pesawat itu sebelumnya memang ada pergantian mesin dan diuji di ketinggian 40 ribu kaki atau 1.500 meter.

Baca Juga :   Oknum Sekdes Ludai Diduga Terlibat Perambahan Hutan, Kades : Saya Hanya Dengar Info Selayang

“Sewaktu terbang itu menimbulkan dentuman sonik dan sudah biasa terjadi pada pesawat terbang. Kecepatan pesawat saat terbang melebihi kecepatan suara, dan itulah yang dikira ledakan,” tegas Marsma Hendri.

Marsma Hendri menyebutkan, uji pesawat tempur dalam aturan internasional dan penerbangan memang di ketinggian tersebut. Pasalnya, pesawat tempur biasa menimbulkan dentuman sonik.

“Kalau terbangnya rendah dari itu, bisa menyebabkan kaca pemukiman penduduk pecah,” jelas Hendri.

Dentuman sonik adalah istilah bagi gelombang kejut di udara yang dapat ditangkap telinga manusia. Istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk kepada kejutan yang disebabkan pesawat-pesawat supersonik.

Saat pesawat terbang melebihi kecepatan suara, munculah gelombang kejut pada bagian tertentu pesawat. Gelombang kejut adalah daerah di udara di mana terjadi perubahan (tekanan udara, temperatur, densitas) secara dadakan.

Baca Juga :   Sambil Mengeluarkan Air Mata Pasha Ungu Mengaku Siap Mundur dari Palu. Begini Lah Lantarannya...?

Gelombang kejut ini merambat dalam bentuk kerucut dan bisa sampai ke permukaan tanah, membuat pekak dan memecahkan kaca-kaca. Karena itu, pesawat supersonik biasanya tidak terbang di atas daerah berpenduduk.***(Lp6.com/Red).

 

Komentar

Berita Lainnya