oleh

Miliki Sejarah Khusus, Lanud RHF Tanjungpinang Gelar Bhakti Sosial di Pulau Penyengat

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Pangkalan Udara (Lanud) Raja Haji Fisabilillah (RHF) menggelar bhakti sosial berupa pembagian 100 paket Sembako kepada masyarakat yang membutuhkan di Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (24/7/2020).

Selain pembagian paket Sembako, Lanud RHF bersama masyarakat dan peserta undangan melaksanakan kerja bhakti, yakni bergotong royong membersihkan lingkungan Pulau Penyengat, khususnya di Makam Pahlawan Nasional RHF.

Acara dimulai dengan upacara pembukaan, dilanjutkan dengan pembagian paket Sembako secara simbolis, foto bersama, dan dilanjutkan kerja bhakti pembersihan lingkungan.

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) RHF, Kolonel Pnb Andi Wijanarko, menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menyambut Peringatan ke-73 Hari Bakti TNI Angkatan Udara yang akan jatuh pada tanggal 29 Juli 2020.

Pada hari sebelumnya, Lanud RHF juga telah menggelar bhakti sosial berupa kegiatan donor darah yang termasuk dalam rangkaian Peringatan Hari Bakti TNI-AU ke-73.

Baca Juga :   Menteri Agama Akan Membuka MTQ VIII Provinsi Kepri

“Secara serentak di seluruh jajaran TNI-AU di Indonesia, kami menggelar donor darah dan bhakti sosial, yang kemudian puncaknya akan kita peringati dalam bentuk Upacara Hari Bhakti pada tanggal 29 Juli 2020 di Lanud RHF. Seluruh rangkaian kegiatan ini kami laksanakan sebagai tindak lanjut dari arahan pimpinan untuk melaksanakan kegiatan bhakti sosial, memperkenalkan TNI-AU di wilayah masing-masing dan berkolaborasi serta berkontribusi dengan masyarakat sekitar, bahwa TNI-AU hadir di tengah masyarakat, khususnya pada masa pandemi,” jelas Andi.

Sengaja memilih Pulau Penyengat sebagai lokasi bhakti sosial, lanjut Andi, karena Pulau Penyengat memiliki sejarah khusus serta letak makam Pahlawan Nasional RHF yang namanya diabadikan sebagai Pangkalan TNI-AU di Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :   Kepala Desa Lagan Ulu Serahkan Bantuan Jaring Pengaman Sosial Covid -19 Gelombang ke-2 By Name By Address (BNBA)

“Kenapa di Penyengat, karena kami memiliki tanggung jawab nama Pahlawan Nasional RHF, maka kami harus bertanggung jawab, menjaga, dan mengangkat nama baik pulau ini, serta melaksanakan kebersihan sebagai bentuk tanggung jawab dari Lanud RHF,” kata Andi.

Andi berharap, kegiatan tersebut dapat bermanfaat dan diterima bagi warga sekitar, serta meningkatkan keakraban dan tali silaturahmi dengan masyarakat.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP, mengucapkan terima kasih kepada Danlanud RHF serta mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Lanud RHF.

“Ini merupakan suatu keberkahan yang luar biasa bagi masyarakat kami, khususnya di Pulau Penyengat dan merupakan suatu kesempatan bagi masyarakat untuk bertemu dan menjalin tali silaturahmi dengan Keluarga Besar Lanud RHF,” ujar Rahma.

Baca Juga :   Danlantamal IV Resmikan Komunitas Selam Nusantara Provinsi Kepri

Rahma berharap, silaturahmi yang terjalin semakin baik terlebih bahwa nama Pahlawan Nasional RHF yang disematkan sebagai nama Lanud, menimbulkan suatu kebanggaan bagi masyarakat Tanjungpinang.

“Selamat Hari Bhakti TNI-AU ke-73, tetap Berjaya, mengukir prestasi yang luar biasa, khususnya di Kota Tanjungpinang yang kita cintai,” pungkas Rahma.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tanjungpinang, Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Sekda Kota Tanjungpinang, Dandim 0315/BIntan, Kasi Intelud Wing Udara I Tanjungpinang, Palaksa Lanudal Tanjungpinang, Kapolres Tanjungpinang, Ka Basarnas Kota Tanjungpinang, Camat Kota Tanjungpinang, Lurah Pulau Penyengat, Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 13/Daerah I Lanud RHF, Prajurit Satrad 213 Bintan, Saka Dirgantara Lanud RHF, Tanjungpinang Aeromodelling Club, serta masyarakat Pulau Penyengat.

Editor: Budi Adriansyah | Sumber: Pen Lanud RHF

Komentar

Berita Lainnya