oleh

Wujud Ketahanan Pangan di TNI-AL, Lanal Ranai Panen Sayur dan Jagung

Natuna, Kepri (cMczone.com) – Sebagai wujud pelaksanaan Ketahanan Pangan di lingkungan TNI Angkatan Laut, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Ranai, Kolonel Laut (P) Dofir, didampingi Ketua Cabang 8 Korcab IV DJA I, Liya Dofir beserta Pengurus, melaksanakan panen sayuran sawi dan jagung hasil budidaya hydroponic, di Kebun Markas Komando (Mako) Lanal Ranai, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (28/7/2020).

“Panen raya perdana sayuran sawi dan jagung merupakan hasil budidaya hydroponik yang dikerjakan oleh Prajurit, sehingga dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sayur Prajurit dan PNS Lanal Ranai, bahkan bila memungkinkan akan bernilai ekonomis dan menguntungkan apabila dapat dipasarkan keluar,” ujar Danlanal Ranai, Kolonel Laut (P) Dofir.

Baca Juga :   32 Calon Bintara Prajurit Karir Kepri Diberangkatkan ke Lapetal Malang

Budidaya tanaman ini akan terus berlanjut ditanam disesuaikan dengan umur masa panen, sehingga dapat dikonsumsi secara berkesinambungan.

“Seperti diketahui bahwa Ketahanan Pangan ini sudah menjadi program Pemerintah dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 di Indonesia, tak terkecuali Lanal Ranai sudah memulai dengan membuka kembali dan memanfaatkan lahan yang ada di sekitar Mako Lanal Ranai sejak awal bulan April 2020 lalu,” kata Dofir.

Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi prajurit Lanal Ranai sesuai amanat Undang-Undang Nomor 18 tahun 2018 tentang Pangan. Didefinisikan sebagai kondisi terpenuhinya pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah, mutu dan terjangkau.

Turut hadir dalam panen perdana tersebut, Palaksa Lanal Ranai, Letkol Laut (KH) Kadek Ari P,  Pasintel Lanal Ranai, Mayor Laut (P) Hotma M. Hutahaean, Kaur Dayaguna Spotmar, Kapten Laut (P) Teguh B.S.

Baca Juga :   Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Tengku Azwendi , Minta Dishub Pekanbaru Awasi Jukir Liar

Editor: Budi Adriansyah | Sumber:  Dispen Lantamal IV

Komentar

Berita Lainnya