oleh

Kodim 0315/Bintan bersama FKPD Panen Jagung Demplot

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Komando Distrik Militer (Kodim) 0315/Bintan, bersama Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Tanjungpinang, menggelar panen perdana demplot (percontohan) budidaya jagung, dalam rangka menjaga ketahanan pangan, bertempat di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0315/Bintan, Km 5 Atas, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (6/8/2020).

Dengan tema “Melalui Pembinaan Ketahanan Pangan, Wujud Keperdulian TNI Ada Terhadap Perekonomian Bangsa” ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi seluruh kalangan masyarakat terkait ketahanan pangan.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0315/Bintan, Kolonel Inf I Gusti Ketut Artasuyasa, mengatakan, penanaman jagung yang sudah dikerjakan di lahan Makodim 0315/Bintan seluas setengah hektare tersebut, sudah masuk masa panen dan juga sebagai salah satu contoh bagi masyarakat agar turut serta dalam pertanian demi mencukupi ketersediaan pangan.

Baca Juga :   Alumni Akpol '91 "Batalyon Bhara Daksa" Laksanakan Bhakti Sosial di Kabupaten Bintan

“Apalagi saat ini, dimasa pandemi Covid-19. Karena itu, kami ingin memberikan contoh, bahwa tidak hanya membudidayakan jagung, namun bisa juga dengan memanfaatkan lahan pekarangan sebagai tempat bertanam sayuran dan lainnya,” ujar Ketut Arta.

Ketut Arta menjelaskan, bahwa panen jagung untuk kebutuhan pakan peternakan sebagai percontohan.

“Dari hasil ini akan kembali diolah untuk modal penanaman bibit berikutnya,” pungkas Ketut Arta.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP, turut mengapresiasi Kodim 0315/Bintan, karena telah memberikan contoh dan edukasi kepada masyarakat Kota Tanjungpinang.

“Kami atas nama Pemko Tanjungpinang sangat mengapreasiasi Dandim 0315/Bintan, yang mana telah menggerakkan kegiatan pertanian, khususnya budidaya Jagung ini. Dan kami sangat berterima kasih atas edukasinya bagi masyarakat kita. Bahwa dengan mandiri kita bisa memenuhi kebutuhan pangan kita sendiri,” ujar Rahma, saat melaksanakan Panen Jagung bersama.

Baca Juga :   Prajurit dan PNS Lantamal IV Ikuti Apel Pembacaan Amanat KSAL Terkait Covid-19

Di tempat yang sama, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Tanjungpinang, Muhammad Yunus, ST, melalui Wakil Ketua Bidang Agribisnis dan Pertanian, Ceffy Subroto, yang didampingi oleh Komite Tetap Pengembangan Industri Pertanian, Rosidan, menyampaikan apresiasi panen perdana demplot (percontohan) budidaya jagung, dalam rangka menjaga ketahanan pangan oleh Kodim 0315/Bintan.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Danlanud RHF Tanjungpinang, Danwing Udara I Tanjungpinang, Danlanudal Tanjungpinang, Kapolres Tanjungpinang, Kepala BPTP Kepri, Kepala Balai Pertanian Klas II A Tanjungpinang, Kepala Balai Karantina Kesehatan Klas II Tanjungpinang, Ketua Kadin Tanjungpinang, Sekda Tanjungpinang, Sekwan Kota Tanjungpinang, dan para Prajurit TNI dari Kodim 0315/Bintan.

Editor: Budi Adriansyah | Sumber: Pendim 0315/Bintan

Komentar

Berita Lainnya