oleh

Setelah DEMOKRAT-PAN, Mulyadi Ali Mukhni Di Dukung Partai PDIP Dan NASDEM.

Padang,(cMczone.com)- Setelah memperoleh surat keputusan (SK) dukungan dari Partai Demokrat (PD) dan Partai Amanat Nasional (PAN), pasangan Cagub-Cawagub Sumbar Mulyadi-Ali Mukhni mendapat tambahan dukungan lagi dari PDI-P dan Partai Nasdem. Kini dukungan kekuatan pasangan ini berdasarkan kursi DPRD Sumbar sebanyak 26 kursi atau 40 persen dari 65 kursi DPRD Sumbar.

Kabar baru tentang dukungan PDIP dan Partai Nasdem kepada pasangan Mulyadi-Ali Mukhni disampaikan langsung oleh Ali Mukhni, Minggu (09/08/2020). “Alhamdulillah Pak Mulyadi menerima langsung SK dukungan dari Sekjen PDI-P, Bapak Hasto Kristiyanto. Sedangkan dukungan dari Partai Nasdem langsung saya yang menerima kemarin dari Sekjen Partai Nasdem, Bapak Johnny G Plate,” kata Ali Mukhni yang pagi tadi masih berada di Jakarta.

Baca Juga :   Danlantamal IV Bacakan Amanat Panglima TNI Soal Hadapi Covid-19

PAN memiliki kusri di DPRD Sumbar sebanyak 10 kursi, Partai Demokrat 10 kursi, PDI-P 3 kursi dan Partai Nasdem 3 kursi. Sehingga totalnya berjumlah 26 kursi. Sedangkan pasangan cagub lainnya dari parpol adalah Nasrul Abit-Indra Catri yang didukung oleh Partai Gerindra yang memiliki 14 kursi di DPRD Sumbar. Berikutnya pasangan cagub-cawagub Mahyeldi-Audy Joinaldi yang didukung oleh koalisi PKS (10 kursi) dan PPP (4 kursi) dengan total kekuatan 14 kursi.

Sedangkan pasangan Cagub-Cawagub Sumbar dari jalur perseorangan Fakhrizal-Genus Umar masih berjibaku menghadapi verifikasi faktual KPU. Berkemungkinan untuk lolos verifikasi faktual masih berat. Karena itu, sudah cukup santer pasangan ini mencari jalur alternatif dari parpol, yang komposisi kursi yang tersedia berdasarkan perkembangan terakhir juga hanya tinggal 11 kursi lagi. Sedangkan syarat minimalnya adalah parpol atau koalisi harus memiliki 20 persen atau 13 kursi di DPRD Sumbar.

Baca Juga :   Gubernur DPW Riau LIRA Didampingi Asisten 3 Penuhi Undangan MOI di Jakarta

Dengan perkembangan peta politik terbaru ini, maka jumlah pasangan cagub-cawagub yang akan bertarung di Pilkada Sumbar 9 Desember 2020 hanya 3 pasangan kandidat, yakni Mulyadi-Ali Mukhni, Mahyeldi-Audy Joinaldi dan Nasrul Abit-Indra Catri. Sedangkan dinamika kekuatan baru atau alternatif dengan sendirinya menjadi kandas.

Diperkirakan duet Mulyadi-Ali Mukhni adalah duet terhebat dan terkuat yang berpeluang besar memenangkan Pilkada Sumbar. Baik Mulyadi atau pun Ali Mukhni adalah orang-orang yang sukses di jabatan amanah yang pernah mereka terima. Mulyadi sukses memenangi Pileg DPR RI dalam tiga periode (2009, 2014 dan 2019). Pria asal Bukittinggi itu juga berhasil menjalankan amanah sebagai anggota DPR RI dengan memperjuangkan beberapa agenda besar pembangunan Sumbar selama dia menjabat.

Baca Juga :   Insiden Kecelakaan Lion JT 610, Meninggalkan Luka Pada Warga Babel.

Sedangkan Ali Mukhni, dengan tangan dingin kepemimpinannya, telah berhasil menyelesaikan proyek-proyek besar di Kabupaten Padang Pariaman selama dua periode menjadi bupati di daerah tersebut. Selaku Ketua Umum DPP ILUNI UNP, sosok Ali Mukhni tentu juga memiliki pengaruh besar di lingkungan keluarga besar alumni UNP yang jumlahnya ratusan ribu di Ranah Minang.

“Mohon doa dan restunya. Semoga pasangan Mulyadi-Ali Mukhni diberi amanah memimpin Sumbar untuk lima tahun ke depan. Insyaallah kami akan deklarasikan pasangan Mulyadi-Ali Mukhni, pada hari Sabtu 15 Agustus 2020 di Hotel Pangeran Beach Padang ,” kata Ali Mukhni menandaskan. (erz)

Komentar

Berita Lainnya