oleh

Negara Genting, Komcad Matra Darat Rekrut Warga Sipil

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Komando Distrik Militer (Kodim) 0315/Bintan, melaksanakan sosialisasi Rekutmen Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat, kepada beberapa Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Kepemudaan di Wilayah Teritorial Kodim 0315/Bintan, bertempat di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0315/Bintan, Jalan Ahmad Yani, Km 5 Atas, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Senin (10/8/2020).

Komcad disiapkan untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan serta kemampuan Komponen Utama atau TNI dalam menghadapi ancaman militer.

Perekrutan warga sipil dalam Komcad dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) untuk Pertahanan Negara.

Dalam sosialisasi tersebut, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0315/Bintan, Kolonel Inf I Gusti Ketut Artasuyasa yang didampingi Pasiterdim 0315/Bintan, Kapten Inf B. Zebua dan Pasipersdim 0315/Bintan, Kapten Inf R. Simanjuntak, SE, mengatakan, bahwa warga negara wajib melaksanakan bela negara, baik dalam keadaan aman maupun keadaan tidak aman. Sebagaimana yang diamanahkan oleh UUD Republik Indonesia Tahun 1945.

Baca Juga :   Kadis PMD Bintan Saksikan Panen Madu Kelut di Desa Lancang Kuning

“Dalam sosialisasi perekrutan komponen cadangan atas dasar perintah dari atasan, sebagai warga negara wajib membela negaranya disaat negara sudah terancam,” tegas Ketut Arta.

Untuk itu akan direkrut warga sipil untuk mengikuti pelatihan, latihan dasar kemiliteran selama satu bulan, semua biaya akan ditanggung oleh negara.

“Dari makan, tidur, seragam semua akan ditanggung negara,” ungkap Ketut Arta.

Rencananya, dalam rekrutmen tahap pertama nanti, akan menyasar kalangan milenial usia 18-35 tahun.

“Rekrutmen ini bersifat terbuka, alias siapa saja boleh mendaftar dan minimal tamatan Sekolah Dasar, asalkan memenuhi syarat,” kata Ketut Arta.

Untuk diketahui, bahwa Komcad akan bergerak atau digunakan dalam keadaan negara dalam keadaan darurat. Dan setelah negara dinyatakan aman, Komcad akan dikembalikan ke seperti biasanya di profesinya masing-masing.

Baca Juga :   FPII SETWIL Jawa Barat Gelar Silaturahmi Dengan Seluruh Korwilnya

“Untuk saat ini, di wilayah Korem 033/WP, mendapatkan 300 alokasi personil Komcad yang akan disebar di masing-masing Kodim,” pungkas Ketut Arta.

Editor: Budi Adriansyah | Sumber: Pendim 0315/Bintan

Komentar

Berita Lainnya