oleh

Latihan Terbang Jelajah, Pesawat Tempur Hawk 100/200 Singgah di Lanud RHF

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Sebanyak 4 buah Pesawat Tempur TNI Angkatan Udara berjenis Hawk 100/200 dari Skadron Udara I Pangkalan Udara (Lanud), Supadio Pontianak, tiba di Lanud Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, Jumat (14/8/2020) dengan misi Latihan Terbang Jelajah rute penerbangan dari Pontianak-Pekanbaru-Tanjungpinang dan kembali lagi ke Pontianak.

Komandan Skadron 1 Wing 4 Lanud Supadio, Letkol Pnb M. Amry Taufanny, menjelaskan, bahwa Latihan tersebut digelar untuk menyiapkan dan mengoperasikan pesawat tempur taktis, baik untuk operasi lawan udara ofensif, operasi pertahanan udara, dan operasi dukungan udara sesuai dengan tugas pokok dan fungsi untuk meningkatkan kemampuan opeasional serta meningkatkan dan menambah pengalaman terbang bagi penerbang tempur dalam melaksanakan terbang navigasi jarak jauh dari satu tempat ke tempat lain.

Baca Juga :   Pemilu Run, KPU Muaro Jambi Selenggarakan Jalan Santai

“Kegiatan hari ini kami dalam rangka Latihan Terbang Jelajah, sebelumnya kami Latihan Weapon Delivery, Air to Ground Bombing and Rocketing di Pekanbaru, kemudian kami sembari Kembali ke Pontianak, kami melaksanakan terbang jelah yaitu mengunjungi Lanud Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang,” ungkap Amry.

Sementara itu Komandan Lanud RHF, Kolonel Pnb Andi Wijanarko, mengucapkan terima kasih kepada Skadron Udara I yang telah berkenan datang dan memberikan kesempatan kepada Prajurit Lanud RHF untuk mencoba kemampuan Ground Handling.

“Saya mengucapkan terima kasih, khususnya kepada Komandan Skadron yang telah memberikan kesempatan kepada Lanud Raja Haji Fisabilillah untuk mencoba kemampuan Ground Handling kami untuk menerima dan mengakomodir Pesawat Temur Hawk. Dan kami berharap kepada Pemerintah Daerah untuk bisa menyiapkan lahan untuk keperluan Apron, sehingga apabila terjadi situasi kontijensi di wilayah Kepulauan Riau, kita sudah siap dengan dukungan apron dan shelter untuk pesawat tempur ke depan,” ujar Andi.

Baca Juga :   Kecewa Manuver Politik Prabowo, FPI Tunggu Perintah Habib Rizieq

Andi berharap, dengan kehadiran pesawat tempur tersebut dapat meningkatkan rasa keingintahuan kepada dunia militer, khususnya TNI Angkatan Udara.

Editor: Budi Adriansyah | Sumber: Pen Lanud RHF

Komentar

Berita Lainnya