Pulihkan Ekonomi Desa, Pemkab Bintan dan UMRAH Teken MoU Tri Dharma

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan bersama Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), melaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama atau Memorandum Of Understanding (MoU) tentang penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Bupati Bintan, H. Apri Sujadi, S.Sos dan Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Damar Syakti, S.Pi, DEA, di Ruang Rapat Tanjak, Lantai 3, UMRAH, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Senin (21/9/2020).

Dalam agenda tersebut, Apri mengatakan, bahwa penandatanganan MoU ini sebagai bentuk kerja sama Pemkab Bintan diberbagai bidang, yaitu bidang pendidikan, bidang penelitian dan juga di bidang pengabdian masyarakat.

Baca Juga :   Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu Dalam Memperingati HUT Kabupaten Labuhanbatu ke 73 Tahun 2018.

“Dengan adanya MoU ini, tentunya akan membantu Pemerintah Daerah dalam menyukseskan pembangunan. Khusus dalam rangka pemulihan ekonomi desa tentunya kita berharap agar MOU ini mendapatkan masukan dan kajian dari pihak UMRAH, khususnya lagi dalam penguatan kapasitas peran BUMDes di desa-desa,” ujar Apri.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bintan, Ronny Kartika, S.STP, M.Si, menjelaskan, bahwa Tri Dharma yang meliputi pendidikan, penelitian dan juga pengabdian masyarakat akan memiliki kontribusi yang besar kepada daerah yang dalam waktu dekat ataupun panjang akan ikut mempengaruhi sektor perekonomian daerah itu sendiri.

Dengan penelitian dan kerja sama yang dilakukan oleh perguruan tinggi terhadap daerah itu sendiri, tentunya ikut membantu proses pengembangan suatu daerah.

Baca Juga :   TUANGKU SALIAH, ULAMA KHARISMATIK DARI SUNGAI SARIAK VII KOTO, PADANG PARIAMAN

“Ini adalah upaya Pemerintah Kabupaten Bintan yang tujuan akhirnya sebagai bagian dalam menggerakkan kembali roda perekonomian daerah. Dan tentunya perlu stratregi dan konsep yang melibatkan perguruan tinggi serta kerja sama bagi pemerintahan desa sendiri, tentunya akan memberikan banyak hal,” kata Ronny.

Dengan adanya MoU ini, lanjut Ronny, tentunya akan membuka kerja sama di bidang pengembangan pemberdayaan masyarakat dengan program yang sudah dikaji secara ilmiah oleh Lembaga Perguruan Tinggi.

“Juga akan memberikan peluang untuk warga masyarakat Bintan terutama mahasiswa dan alumni UMRAH untuk mendarmabaktikan ilmu, pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki,” pungkas Ronny.

Editor: Budi Adriansyah | Sumber: Dinas PMD Kabupaten Bintan