oleh

Danlanudal Matak Dampingi Tim Kemenko Polhukam RI Tinjau Pulau Tokong Nanas

Anambas, Kepri (cMczone.com) – Komandan Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Danlanudal) Matak, Mayor Laut (T) Arief Gunawan, mendampingi Tim Kemenko Polhukam Republik Indonesia (RI), meninjau Pulau Tokong Nanas, yang merupakan pulau terluar di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) yang berbatasan langsung dengan Malaysia di Laut Natuna Utara, Rabu (23/9/2020).

“Peninjauan ini sebagai rangkaian dari kunjungan kerja Tim Kemenko Polhukam yang dimulai dengan Rakor Pengamanan Wilayah Perbatasan pada hari Selasa tanggal 22 September kemarin. Dilanjutkan Rabu pagi rapat membahas pembangunan wilayah perbatasan dan Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) di Kabupaten Kepulauan Anambas,” ungkap Mayor Laut (T) Arief.

Selesai rapat, lanjut Mayor Laut (T) Arief, berkoordinasi dengan Bupati Kepulauan Anambas dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Dan sekitar pukul 11.00 WIB Tim dan rombongan Peninjau menuju Pelabuhan Pemerintah Daerah (Pemda) Sri Siantan menuju Pulau Tokong Nanas.

Baca Juga :   M. Oggi Pulungan | Ajak Pecandu Narkoba Pulih Dengan Narkotika Anonymous

“Pulau Tokong Nanas adalah satu di antara lima pulau terluar di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas. Terletak di arah Timur Laut Pulau Matak pada koordinat 3° 19′ 52″ LU, 105° 57′ 4″ BT, sekitar satu jam perjalanan dengan speed boat,” ujar Mayor Laut (T) Arief.

Setelah sampai di Pulau Tokong Nanas, Tim langsung meninjau Titik Dasar TD.025 dilanjutkan peninjauan kondisi wilayah didampingi Pejabat Militer, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Sipil di KKA.

“Setelah cukup data dan informasi yang diperlukan rombongan kembali dan sampai di Pelabuhan Sri Siantan pukul 13.30 WIB untuk kegiatan berikutnya sesuai yang dijadwalkan,” kata Mayor Laut (T) Arief.

Baca Juga :   Wakili Danlantamal IV, Kadiskes Ikuti Rakor Bulan Pelayanan KB melalui Vicon

Dalam peninjauan tersebut Danlanudal Matak ditunjuk sebagai Perwira Tertua yang mendampingi Tim Kemenko Polhukam. Dan berkesempatan menjelaskan posisi strategis Wilayah KKA, khususnya Pulau Tokong Nanas dari sisi wilayah pertahanan Negara. Terlebih lagi di wilayah Laut Natuna Utara yang berbatasan dengan beberapa negara tetangga.

Tim Kemenko Polhukam dipimpin oleh Brigjen TNI Yasid Sulistya, S.Sos,  M.Si, Asdep Koordinasi Wilayah Perbatasan dan Tata Ruang Pertahanan.

Turut dalam peninjauan adalah Dr. Ahmad Aris, Kasubdit PPKT Ditjen Pengelolaan Laut Ditjen KP, Deni Haryanto, SH, Analis Kebijakan Bidang Wilayah Perbatasan, Mayor Laut (T) Arief Gunawan, Danlanudal Matak, Kapten Laut (T) Budi, Paspotmar Lanal Tarempa, Pama Polres KKA, Staf/Perwakilan Pemda KKA, Danramil Tarempa dan Danramil Palmatak.

Baca Juga :   'PADANG' Ludes Terbakar

Editor: Budi Adriansyah | Sumber | Pen Lanudal Matak

Komentar

Berita Lainnya