Danlantamal IV bersama Forkopimda Hadiri Upacara HUT TNI ke-75 Secara Virtual

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjugpinang, Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, SE, M.Han, bersama Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), DR. Drs. Bahtiar, M.Si, dan pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI) secara vitual yang berlangsung di Gedung Daerah, Jalan S.M. Amin, No 1, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Senin pagi (5/10/2020).

Kegiatan upacara virtual tersebut dilaksanakan oleh satuan TNI yang ditunjuk di seluruh Indonesia dan di Kongo Afrika.

Sementara itu upacara virtual terpusat di Istana Negara Jakarta dengan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, sebagai Inspektur Upacara.

Baca Juga :   Ansar-Marlin Datang ke DPRD Kepri Pukul 09.40 WIB

Upacara diawali dengan salam kebangsaan, pengucapan Sapta Marga, pemberian Tanda Kehormatan kepada perwakilan Prajurit Tiga Matra, amanat, Andika Bhayangkari dan ditutup dengan salam kebangsaan.

“Saat ini kita sedang dalam era lompatan teknologi militer yang akan mempengaruhi taktik dan strategi perang masa depan. Kita harus terus melakukan tranformasi teknologi dan personil yang mampu memahami dan memanfaatkan lompatan di bidang teknologi informasi, dan teknologi nano,” ujar Presiden Joko Widodo, dalam amanatnya.

Presiden Joko Widodo berharap kesiapan untuk mengantisipasi karakter baru pertempuran masa depan yang mempunyai daya hancur yang lebih besar dan pertempuran yang berjalan lebih singkat dalam menentukan pemenang.

“Hanya melalui investasi pertahanan jangka panjang yang terencana, TNI akan mampu menjadi kekuatan perang modern yang megikuti perkembangan teknologi termaju. Sinergi adalah kunci untuk membangun kekuatan pertahanan yang semakin kokoh dan efektif,” ujar Presiden Joko Widodo.

Baca Juga :   Jika Tak Ada Aral Melintang Esok FPII Se Riau Akan Dilantik

Sebagai acara tambahan di Gedung Daerah dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Komandan Resimen Militer (Danrem) 033/WP, Danlantamal IV dan Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Raja Haji Fisabilillah (RHF) secara bersama.

Kemudian secara bergantian memberikan kepada prajurit, setelah itu pemberian secara simbolis masker oleh Pjs Gubernur Provinsi Kapri kepada pejabat Forkopimda dan peniupan kue ulang tahun bersama-sama dan ditutup dengan ramah tamah.

Editor: Budi Adriansyah | Sumber: Dispen Lantamal IV