oleh

Danlantamal IV dan Ketua Korcab IV DJA I Sambut Kedatangan KRI Bima Suci-945

Bintan, Kepri (cMczone.com) – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut  (Danlantamal) IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, SE, M.Han, bersama Ketua Koordinator Cabang IV Daerah Jalasenastri Armada I (Ketua Korcab IV DJA I) Ny.Helena Indarto Budiarto dan undangan, menyambut dengan gegap gempita kedatangan KRI Bima Suci-945 yang sandar di dermaga Fasharkan Mentigi, Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu siang (31/10/2020).

Kedatangan KRI Bima Suci-945 ke Tanjung Uban dalam rangka membawa para Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut Tingkat III angkatan ke-67, untuk mengikuti Latihan Praktek Pelayaran Muhibah Kartika Jala Krida 2020.

Kapal tersebut berangkat dari Surabaya mengelilingi Indonesia sejak hari Sabtu tanggal 26 September 2020, dan sudah menyinggahi 10 Kota pelabuhan, yaitu Lampung, Padang, Sabang, Belawan, Tanjung Uban, Ranai, Tarakan, Sorong, Tual dan Kupang.

Baca Juga :   Pemberian Tali Asih dan Silahturahmi Insan Pers-Polda Kepri

Setelah sandar Komandan KRI Bima Suci, Letkol Laut (P) Waluyo, Dansatgas KJK tahun 2020, perwakilan dari Taruna dan Taruni turun ke dermaga disambut dengan tari persembahan yang merupakan tarian khas adat melayu kepada tamu-tamu yang datang berkunjung di Bunda Tanah Melayu

Setelah itu mereka masing-masing berkesempatan mendapat kalungan bunga dari Danlantamal IV, Danguskamla Koarmada I, Wadanlantamal IV serta menyematkan selempang dan bunga tangan oleh Ketua Korcab IV DJA I.

Kemudian seluruh undangan berkesempatan naik ke atas kapal untuk tour area, sebelum memberikan keterangan pers dihadapan awak media, Komandan KRI Bima Suci berkesempatan memberikan bantuan alat kesehatan kepada  Danlantamal IV diatas geladak KRI Bima Suci-945.

“KRI Bima Suci adalah KRI latih bagi Taruna dan Taruni AAL dalam mengimplementasikan materi-materi pelajaran yang sudah diterima selama ini, sehingga para Taruna dan Taruni dapat secara langsung melihat dan mempraktekkan agar nantinya sebagai pengetahuan apabila sudah menjalani kedinasan di kapal,” jelas Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto.

Baca Juga :   Wauuuu ......Kembali , Amril Mukminin Di Panggil KPK , Lanjutan Penyidikan Kasus Suap Proyek " Multiyears "

Total jarak tempuh seluruh pelayarannya adalah 9.910 NM, lama waktu 98 hari. Sebelum ke Tanjung Uban kapal tersebut berlayar dari pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara, dan akan melanjutkan ke Ranai Natuna setelah selama 3 hari berada di Tanjung Uban.

“Selama di Tanjung Uban para Taruna dan Taruni akan menjalankan beberapa kegiatan, yaitu sore nanti mereka akan berolah raga untuk menambah kebugaran bersama Prajurit yang berada di Tanjung Uban dan Tanjungpinang, kemudian besoknya tanggal 01 November 2020 akan melaksanakan kegiatan tanam mangrove dan bersih-bersih pantai di Lagoi,” ujar Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto.

Tanggal 02 November 2020, akan melaksanakan Display Drumband Genderangan Suling Gita Jala Krida di Gedung Daerah Tanjungpinang dan malamnya KRI Bima Suci akan menggelar cocktail party di Geladak KRI Bima Suci. Tanggal 03 November 2020 KRI Bima Suci akan melanjutkan pelayaran muhibahnya ke Ranai Natuna.

Baca Juga :   Dampak Virus Corona, MTQ Tingkat Provinsi Kepri Diundur

“Kehadiran KRI Bima Suci dan para Taruna dan Taruni salah satunya adalah untuk menggugah dan memperkenalkan TNI Angkatan Laut kepada para pemuda harapan bangsa untuk mengabdi kepada negara melalui masuk TNI Angkatan Laut khususnya Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut,” pungkas Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto.

Hadir dalam kegiatan tersebut  Wadanlantamal IV, Kolonel Marinir Gatot Mardiyono, Para Pejabat Utama Lantamal IV, Danlanal Batam, Dansatkat Koarmada I, Dansatran Koarmada I, Dandim 0315/Bintan, Danwing Udara 1, Danlanudal Tanjungpinang, Kapolres Bintan, Asisten II Walikota Tanjungpinang serta ibu-ibu pengurus Jalasenastri.

Editor : Budi Adriansyah | Sumber : Dispen Lantamal IV

Komentar

Berita Lainnya