oleh

H.Nurkhalis Dt. Bijo DiRajo Spt bersama Kadisnaker Trans Provinsi Sumbar kunjungi Pelatihan Menjahit di Nagari Koto Baru Simalanggang

Limapuluh kota, (cmczone.com)- Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Sumbar H.Nurkhalis Dt. Bijo Dirajo Spt bersama Kadisnaker Trans Provinsi Sumbar Bapak Nasrizal Kunjungi pelatihan menjahit di Nagari Koto Baru Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota pada hari Sabtu 31 Oktober 2020.

Adapun pelatihan menjahit ini adalah rangkaian Pokir ( Pokok Pokok Fikiran ) yang di salurkan melalui Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumbar sebagai mitra Komisi II dan di laksanakan oleh BLK ( Balai Latihan Kerja ) Payakumbuh dengan sasaran untuk Pemberdayaan masyarakat
Khususnya wanita dengan tujuan untuk menambah kompetensi di bidang jahit menjahit.

Bapak Nasrizal ( KadisNaker Trans ) Provinsi Sumbar dalam sambutannya mengatakan ‘ Pelatihan kali ini hanya 30 hari , setiap hari akan ada 2 orang Instruktur ( dari BLK ) yang akan mengajarkan ilmu menjahit kepada 16 orang yang sudah di usulkan sebelumnya oleh Pak Datuak Nurkhalis ‘ ujar beliau.

Baca Juga :   Ormas Pekat IB DPK Hadiri Penceramah Dari Tanah Seberang

Selanjutnya beliau mengatakan ‘ Setelah di ajarkan semua detail ilmu tentang menjahit ( 30 Hari ), nantinya akan ada ujian kompetensi untuk menguji penyerapan ilmu tentang menjahit , kalau lulus akan di berikan Sertifikat kompetensi ‘ ujar Pak Kadis selanjutnya.

‘ Jikalau ibuk – ibuk sudah punya Ilmu menjahit nantinya , semoga bisa di gunakan untuk menambah income dengan menerima jasa jahitan dari orang per orang atau dari Konveksi , dll .
Nanti kami dari Disnaker akan menjalin kerja sama dengan Dinas Lain ( Koperindag ) untuk mencari Peluangnya ‘ ujar Pak Kadis murah senyum ini.

H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo dalam sambutannya mengatakan ‘ Dari 5 Pokir saya untuk Pelatihan Menjahit hanya 4 yang terealisasi , jadi beruntunglah Nagari Koto Baru Simalanggang masih bisa di laksanakan tahun ini dan ini semua berkat kerjasama yang baik dengan Disnaker Trans Provinsi ‘ ujar Pak Datuak Bijo.

Baca Juga :   UAS dan Ustad Jel Fathullah Rekomendasikan Safari Untuk Limapuluh Kota

‘ Mudah mudahan di tahun 2021 kita bisa menambah lagi kegiatan ini lebih banyak di Nagari yang lain ‘ tutup Denison Sutan Marajo yang hadir sebagai moderator pada acara siang itu.

Komentar

Berita Lainnya