oleh

Lantamal IV Panen Raya Ikan Kerapu di Kampung Bahari Nusantara

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Sebagai wujud pelaksanaan Ketahanan Pangan Sektor Laut di lingkungan TNI Angkatan Laut, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV, Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, SE, M.Han, bersama Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Tanjungpinang dan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kepala Balai Karantina Ikan Pengawasan Mutu, menggelar Panen Raya Ikan Kerapu di Kampung Bahari Nusantara, Tanjung Lanjut, Kelurahan Kampung Bugis, Kecamatan Tanjungpinang Kota, Provinsi Kepri, Rabu pagi (11/11/2020). 

Tanjung Lanjut merupakan salah satu daerah yang termasuk dalam Kampung Bahari Nusantara binaan Lantamal IV, dimana telah dilaksanakan pembinaan kepada masyarakat pembudidaya Ikan Kerapu Keramba Jaring Apung (KJA) salah satunya adalah Akim yang memiliki KJA sebanyak 50 buah.

Baca Juga :   Ini Komitmen Dady Fatria Jika Dipercaya Memimpin Kadin Kota Padang

Danlantamal IV Tanjungpinang melalui Kepala Dinas Penerangan (Kadispen), Mayor Marinir Saul Jamlaay, mengatakan, bahwa para petani Ikan Kerapu tersebut memperoleh bibit ikan dari Pulau Dewata Bali dengan ukuran sebeser 10 cm, kemudian dipelihara sampai siap panen.

“Pada tahun 2020 ini KJA milik Bapak Akim sudah melaksanakan panen sebanyak 3 kali, dan saat ini adalah panen yang ke empat dengan jumlah panen seberat 2 ton lebih atau kurang lebih jumlah ikan kerapu sebanyak 420 ekor dengan berat ikan per ekornya 5 kg,” ujar Mayor Marinir Saul.

Selain untuk pemenuhan Ketahanan Pangan bagi keluarga besar Lantamal IV dan masyarakat binaan Lantamal IV, panen ikan juga diekspor ke Negara Singapura.

Baca Juga :   Dede Farhan Aulawi Lakukan Investigasi Kecelakaan Kerja di Industri Pengecoran Logam

Dan untuk pengembangan usaha ini, Potmar Lantamal IV juga membina budidaya ikan di Kijang, Kabupaten Bintan, dan rencana pengembangan selanjutnya ke Dabo Singkep, Kabupaten Lingga.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wadanlantamal IV, Kolonel Marinir Gatot Mardiyono, SH, para Pejabat Utama Lantamal IV, para Kadis dan Kasatker Lantamal IV.

Editor : Budi Adriansyah | Dispen Lantamal IV

Komentar

Berita Lainnya