oleh

SUKSES, NGOPI BERSAMA KPU KAB. ROKAN HULU DI DESA RANTAU BINUANG SAKTI DI GELAR

ROHUL, (cmczone.com)- Rantau Binuang Sakti, Minggu 15 November 2020. Salah satu program Divisi SDM,Sosdiklih dan Parmas KPU Kab.Rokan Hulu dalam memberikan Sosialisasi kepada Pemilih dan meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan terkhusus untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu Tahun 2020 dengan mengadakan NGOPI (Ngobrol Pemilihan) Bareng KPU Rokan Hulu, kegiatan ini akan dilaksanakan hampir di seluruh Kecamatan. Untuk hari ini kegiatan tersebut di laksanakan di Desa Rantau Binuang Sakti, Kecamatan Kepenuhan, Rohul.
Hadir pada kegiatan tersebut, Komisioner KPU Rohul Divisi SDM, Sosdiklih dan Parmas Bapak Cepi Abdul Husein, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Bapak Asri Siregar dan Divisi Teknis Penyelenggara Ibu Fitriyati Is. Didampingi PPK Kepenuhan,Kepala Desa dan PPS Desa Rantau Binuang Sakti, Ketua PPS Desa Kep.Barat Seroja, Kep.Barat dan Kep.Baru. Kepala Dusun, RW/RT, Dan Tokoh Masyarakat yang tidak melebihi dari 40 Orang peserta yang hadir sesuai dengan protocol kesehatan.
NGOPI Bareng KPU Rohul bertempat di salah satu gedung (Visitor Center), dimana tempat ini dijadikan sebagai pusat informasi dalam pengembangan kebudayaan dan pariwisata di Rokan Hulu, tempat ini juga menjadi salah satu Wisata Religi yang ada di Kabupaten Rokan Hulu. Dimana dari Desa tersebut Lahir seorang ulama besar yang penyebarannya sudah sampai Asia Tenggara, Tuan Guru Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Nasbandi. Di areal tersebut nantinya pada tanggal 25 November 2020 juga akan dilaksanakan Haul seperti hal nya ke depan juga seperti Haul yang setiap tahunnya dilaksanakan di Besilam, Langkat.
Kegiatan yang cukup terkendala hujan dan kondisi jalan menuju ke Desa tersebut kurang baik diguyur hujan beberapa hari kebelakangan sehingga akses sedikit sulit. Tetapi tidak menyurutkan pelaksanaan ini digelar. Acara santai sesuai dengan namanya Ngopi Bareng KPU Rohul ini dibuka dan dilanjutkan sambutan dari Kepala Desa Rantau Binuang Sakti Bapak Tamrin, dan sebagai Narasumber Bapak Cepi Abdul Husein, Bapak Asri Siregar dan Ibu Fitriyati Is serta diakhiri sesi Tanya jawab.
Sambutan dari Kades Rantau Binuang Sakti Bapak Tamrin menyampaikan Siap mendukung Pilkada Kab.Rokan Hulu di Desa Rantau Binuang Sakti dan berjanji pelaksanaan ini sukses hingga akhir tahapan, dan sampai hari ini tetap Netral dan tidak ada tekanan dari pihak manapun” dan selamat datang sebelumnya di Desa Rantau Binuang Sakti dengan kondisi yang apa adanya dengan segala keterbatasan baik Jalan dan Sarpras” tutupnya.

Baca Juga :   PEKAT IB Riau Minta KPK Tetapkan Riau "Zona Merah" Korupsi

Setelah sambutan dilanjutkan dari Divisi SDM,Sosdiklih dan Parmas Bapak Cepi Abdul Husein dengan panjang lebar memaparkan program serta tahapan-tahapan yang telah dilaksanakan. Untuk Desa Rantau Binuang Sakti pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilbup dan Pilwabup) sebelumnya tingkat Partisipasi Masyarakat untuk Kecamatan Kepenuhan cukup rendah sehingga kegiatan ini dilaksanakan sehingga nantinya pada tahun 2020 ini bisa meningkat. Jika, nanti tingkat partisipasi masyakarat tinggi pada pilkada tahun 2020 ini KPU Rohul siap memberikan reward kepada PPS Desa Rantau Binuang Sakti dan Kepala Desa atas support selama ini”. Dan Juga pesan beliau protocol kesehatan tetap harus menjadi utama walaupun sampai saat ini KPU Rohul masih bisa dikatakan aman di penyelenggara nya tetapi kita jangan sampai lengah karena yang mengawasi kita juga ada. Dan ini juga menjadi kesepakatan antara Pemerintah, DPR dan KPU untuk melanjutkan Pemilihan di Masa Pandemi ini”. imbuhnya.

Baca Juga :   Peringati HUT RI Ke-75 Di Kec.Kepenuhan, Kades Kepenuhan Hilir Pamerkan Bendera Merah Putih sepanjang 75 Meter dari Anyaman Berbahan baku Rumbai

Sementara dari Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Bapak Asri Siregar. DPT untuk Desa Rantau Binuang Sakti lebih kurang 478 Pemilih dengan 2 TPS, harapnya PPS bisa memaksimalkan sehingga Undangan (Pemberitahuan) ini sampai nantinya ke Masyarakat. Untuk Data sampai hari ini masih berjalan baik, koordinasi dengan Disdukcapil Kab.Rokan Hulu juga terus berlanjut mengupdate perkembangan dari masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu yang telah atau proses kepengurusan administrasi sehingga nantinya bisa menjadi bukti/data kependudukan yang sah sehingga bisa di gunakan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu Tahun 2020 nantinya. Dan juga ada beberapa perubahan pemilihan menyesuaikan dengan masa covid-19 ini nantinya.

Disambung Divisi Teknis Penyelenggara Ibu Fitriyati Is. “Pada pemilihan yang akan dilaksanakan pada Rabu,09 Desember 2020 akan berbeda dari Pemilihan sebelumnya. Di mana yang sebelumnya Undangan Pemilih sebelumnya tidak menggunakan waktu (sesi) sehingga tidak terjadi kerumunan atau bisa mengurangi penyebaran virus corona. Dan Para petugas KPPS dan PKTPS (atau yang sering di sebut dengan Linmas) akan diberikan APD (Alat Pelindung Diri) minimal FaceShiled, Masker, Sarung Tangan dan di TPS juga sediakan Cuci Tangan, Thermo Gan, Handsanitizer yang disediakan oleh KPU Rokan Hulu. Dan Untuk pemilih juga menggunakan sarung tangan sekali pakai (dimulai dari Masuk dan keluar) dari TPS dan Masker. Setelah Memilih yang biasanya mencelupkan jari ke tinta pada Pilkada akan di teteskan ke Pemilih, dan juga Pemilih juga dianjurkan untuk membawa Alat Tulis Sendiri (Pena,Dll) dari Rumah. KPU Rohul tetap menyediakan tapi setidaknya dengan mengikuti protocol kesehatan kita bisa memutus rantai penyebaran virus covid-19. Tambah beliau “untuk pemilih yang suhu tubuh melebihi 37,3 “ Celcius maka akan di arahkan untuk memilih di TPS yang telah di sediakan dan menggunakan APD yaitu Hazmat (Baju Pelindung). Jadi Bilik nanti di sediakan 3 Bilik di mana 2 Bilik untuk yang umum dan 1 bilik untuk pemilih yang memiliki suhu tubuh di atas 37.3* Dan pada TPS sehari dan sesudah akan dilakukan penyiraman (Disefektan) di areal tersebut. Untuk PutungSura KPU RI juga akan menggunakan aplikasi sirekap sehingga hasil dan informasi bisa lebih baik. Dan untuk salinan juga tidak banyak. Maka dari itu, KPPS yang sekarang masih proses pembentukan harus mengetahui penggunaan perangkat teknologi (Smartphone/android) di salah satunya paham menggunakan Scanner dan aplikasi sirekap nantinya.
Serta masih banyak beberapa perubahan nantinya, sehingga PPK dan PPS harus bekerja lebih ekstra untuk mensukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu Tahun 2020. Kita sudah menghitung Hari Jelang Pemilihan pada tanggal 09 Desember 2020. Tuturnya.
Dengan di akhiri dari para narasumber, yang hadir dipersilakan untuk Tanya Jawab sehingga ada beberapa pertanyaan yang dilontarkan kepada masing-masing narasumber terkait pelaksanaan pemilihan pada 09 Desember 2020.
Diakhir kegiatan tersebut, Komisioner KPU Rohul juga sempat untuk melakukan ziarah ke Makam-makam dan situs/Cagar budaya di areal tersebut.
Semoga Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 di Kabupaten Rokan Hulu, terkhusus di Kecamatan Kepenuhan bisa berjalan dengan baik, lancar dan sukses dan tetap mengikuti protocol kesehatan yang telah menjadi kesepakatan bersama.
Amin..

Komentar

Berita Lainnya