oleh

Ansar Ahmad : Kaum Milenial Harus Memiliki Hard dan Soft Skill

Batam, Kepri (cMczone.com) – Generasi milenial bisa dibilang sebagai nahkoda dalam perubahan zaman saat ini. Mereka yang berada pada usia produktif ini mendominasi dalam berbagai bidang kehidupan. 

Persaingan antara generasi milenial pun tidak bisa dihindarkan. Karena itu kaum milenial harus mampu bersaing dan bertahan di era kini yang penuh persaingan.

Demikian dikatakan Calon Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) nomor urut tiga (3), H. Ansar Ahmad, SE, MM, ketika menjadi salah satu nara sumber di acara “Kepri Idea Fest 2020” yang digelar di Harbour Bay, Kota Batam, Provinsi Kepri, Sabtu (21/11/2020).

Menurut Ansar Ahmad, selain hard skill atau ilmu yang didapatkan secara formal, anak muda dan kaum milenial harus memiliki soft skill yang tidak diajarkan di sekolah.

Baca Juga :   MTQ ke VIII Provinsi Kepri, Isdianto: Harus Serius dan Sungguh-Sungguh

“Dalam dunia kerja, soft skills justru lebih banyak membantu anak muda dan kaum milenial untuk berkembang. Soft skills akan menjadi pondasi kuat untuk membangun etos kerja,” jelas Ansar Ahmad.

Dijelaskan Ansar Ahmad, beberapa soft skills yang harus dimiliki oleh kaum milenial diantaranya kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, penguasaan informasi dan technologi, punya team work yang kuat, serta punya kreativitas dan inovasi.

“Persaingan ke depan semakin kompetitif. Anak muda yang tangguh yang akan bisa memenangkan pertarungan,” tegas Ansar Ahmad.

Jumlah anak muda dan kaum milenial di Indonesia, kata Ansar Ahmad, cukup besar dan mendominasi dari jumlah penduduk yang dilihat dari usia dan produktifitas. Kurang lebih 43 persen dari seluruh jumlah penduduk Indonesia saat ini adalah anak muda.

Baca Juga :   Operasi Aman Nusa II: Polres Tanjungpinang Bagikan Makanan pada Masyarakat Terdampak Covid-19

“Ini berarti potensi besar yang harus didorong, agar mereka tampil sebagai penggerak perubahan. Era Covid-19 seperti sekarang anak muda harus jadi generasi terdepan dalam membantu membangkitkan dunia usaha, pelopor pembangunan dan pioner tangguh di tengah masyarakat,” harap Ansar Ahmad.

Dalam seminar Kepri Idea Fest 2020 tersebut, selain Ansar Ahmad juga menghadirkan anggota DPR-RI dari PAN yang juga pengusaha nasional Asman Abnur, Ketua Kadin Kepri, Akhmad Ma’ruf Maulana, Founder T-Obenk, Andri Wongki dan Influencer Food Blogger, Yusi Fadila.

Lebih seratus anak muda yang mengikuti kegiatan yang diinisiasi oleh Ketua Partai Golongan Karya (Golkar) Kepri, Akhmad Ma’ruf Maulana tersebut.

Editor : Budi Adriansyah | Sumber : Bidang Penggalangan Opini DPD Golkar Provinsi Kepri

Komentar

Berita Lainnya